3 Hal yang Boleh dan Tidak Dilakukan Saat Isolasi Mandiri Agar Efektif

Selasa, 29 Juni 2021 - 16:00 WIB
loading...
3 Hal yang Boleh dan Tidak Dilakukan Saat Isolasi Mandiri Agar Efektif
3 Hal yang Boleh dan Tidak Dilakukan Saat Isolasi Mandiri Agar Efektif. Foto/Sky News.
A A A
JAKARTA - Isolasi mandiri bisa menjadi cara efektif untuk mencegah penularan Covid-19 yang semakin melonjak di Indonesia . Meski demikian, isolasi mandiri baru bisa dinyatakan berjalan efektif jika pasien tersebut disiplin dan menghindari berbagai macam hal yang tidak boleh dilakukan.

Merangkum dari Instagram Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Selasa (29/6), yuk simak kegiatan apa saja yang wajib, boleh dan tidak boleh dilakukan selama isolasi mandiri agar dapat berjalan dengan efektif.

1. Wajib dilakukan

Tetap di kamar dan dapat dihubungi melalui media komunikasi. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer sesering mungkin. Pakai masker dengan benar saat keluar kamar atau ruangan. Jaga kebersihan lingkungan kamar dan rutin disinfeksi area kamar yang sering disentuh. Melaporkan kondisi kesehatan setiap hari kepada petugas pemantauan melalui telepon, atau aplikasi komunikasi lainnya.

Baca Juga : Kapan Anak 12-17 Tahun Divaksin Covid-19? Ini Kata Kemenkes

2. Boleh dilakukan

Membawa handphone dan atau laptop pribadi. Membawa snack atau camilan. Membawa buku bahan bacaan. Melakukan komunikasi melalui media elektronik maupun handphone. Melakukan aktivitas positif yang bersifat individual dan dapat dilakukan secara mandiri (ibadah, kerja secara daring, senam, menonton, membaca)

3. Tidak boleh dilakukan

Keluar dari kamar atau tempat isolasi. Menerima tamu atau keluarga dalam ruangan atau kamar. Menggunakan barang secara bersama orang lain. Mencampur tempat penyimpanan barang pribadi dengan orang lain. Melakukan aktivitas yang mengganggu orang lain atau menimbulkan kegaduhan dan merokok.

Baca Juga : Bersin Jadi Salah Satu Gejala Umum Covid-19, Waspada!
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1288 seconds (10.101#12.26)