Cara Mengatasi Rambut Mengembang, Hindari Model Potongan Rambut Layer

Selasa, 29 Juni 2021 - 19:48 WIB
loading...
Cara Mengatasi Rambut Mengembang, Hindari Model Potongan Rambut Layer
Cara Mengatasi Rambut Mengembang, Hindari Model Potongan Rambut Layer. Foto/Allure.
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi rambut mengembang bisa dilakukan dengan menghindari model potongan rambut layer.Hal ini semakin penting dilakukan bagi pemilik rambut pendek.

“Potonganlayeryang tidak rata biasanya ditujukan untuk menambah volume bagi orang yang memiliki rambut tipis. Apabila memiliki rambut pendek tebal, penambahan layerjustru akan berisiko membuatnya mudah mengembang dan sulit ditata rapi,” jelas hairstylist Adir Abergel.

Dilansir dari Allure, Selasa (29/6) rambut yang mengembang bisa menjadi pertanda rambut mulai mengalami kerusakan. Saat rambut rusak dan terlalu kering, lapisan terluar atau kutikula rambut akan terangkat dan menyebabkan kelembapan rambut hilang. Hal ini lah yang membuat rambut tampak mengembang dan sulit diatur.

“Ada beberapa cara mengatasi rambut mengembang, salah satunya memilih potongan rambut yang tepat,” ujar Abergel.

Cara mengatasi rambut mengembang lainnya yakni melakukanblow dry dengan tepat. Menurut Abergel, beberapa orang memang memiliki kebiasaan melakukanblow dry,khususnya saat hendak pergi ke acara-acara tertentu.

“Melakukanblow dryuntuk menata rambut sehabis keramas memang sah-sah saja dilakukan, asal tidak terlalu sering,” kata Abergel.


Meski begitu, sebaiknya selalu melakukanblow drydengan teknik yang benar untuk menghindari masalah rambut mengembang. Dalam hal ini, Abergel menyarankan menggunakan sisir berbentuk pipih atau sisir sikat bundar besar. Pastikan angin yang keluar darihair dryermengarah dari atas ke bawah setiap helaian rambut.

Abergel menuturkan, bahwa hal ini membantu menghaluskan kutikula rambut dan menguraikan rambut yang kusut. Dengan begitu, risiko rambut mengembang setelahblow drybisa dihindari.

Cara agar rambut tidak mengembangyang selanjutnya adalah dengan secara rutin menggunakan minyak atau masker rambut. Sebab, rambut yang memiliki kecenderungan mudah mengembang memang membutuhkan perawatan sedikit istimewa.

“Anda dapat menggunakan minyak rambut setelah keramas saat kondisi rambut masih basah. Dengan begitu, minyak dapat lebih mengunci kelembapan rambut,” saran Abergel.

Selain minyak, penggunaan masker rambut juga dapat dijadikan caramengatasi rambut mengembang lainnya. Gunakan masker rambut sesuai jenis rambut yang dimiliki, dan aplikasikan secara merata setelah keramas. Diamkan selama beberapa menit sebelum kembali membilasnya dengan air.

“Sebab, salah satu penyebab utama rambut mengembang memang adalah kondisi yang kasar dan kaku,” tutup Abergel.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)