Begini Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Jum'at, 02 Juli 2021 - 18:36 WIB
loading...
Begini Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Imunitas Anak
Salah satu menjaga anak-anak Anda dari paparan Covid-19 adalah dengan meningkatkan imunitas tubuhnya. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi belakangan ini memang cukup mengerikan. Bahkan, anak-anak yang biasanya terhindar dari virus tersebut, kini harus tetap diwaspadai.

Baca juga: MPASI Perdana Tingkatkan Imunitas Anak, Ini Tipsnya Bunda

Salah satu menjaga anak-anak Anda dari paparan Covid-19 adalah dengan meningkatkan imunitas tubuhnya. Sebagaimana dilansir Femina India, Jumat (2/7), ahli gizi fungsional Mugdha Pradhan pun memberikan beberapa cara untuk meningkatkan imunitas anak .

Apa yang Menurunkan Imunitas?

Untuk membangun kekebalan anak, penting untuk terlebih dahulu memahami faktor-faktor yang menurunkan kekebalan mereka. Faktor-faktor ini termasuk kekurangan nutrisi, akumulasi racun, ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus, makan terlalu banyak makanan inflamasi, paparan medan elektromagnetik, kurang tidur nyenyak, kelangkaan gerakan, kurangnya paparan sinar matahari, dan stres.

Kewaspadaan Nutrisi

Sebagai orang tua, adalah tugas Anda untuk memastikan bahwa makanan sehari-hari anak Anda kaya akan berbagai nutrisi penting seperti protein, glukosa, lemak jenuh, asam lemak omega-3, vitamin D, magnesium, vitamin B kompleks, yodium, zat besi, dll. Juga penting untuk menuntut transformasi menyeluruh dalam konsumsi makanan sehari-hari anak.

Untuk membangun sistem kekebalan yang kuat, sangat penting untuk mengurangi gula olahan, tepung olahan, makanan olahan, minyak biji, minuman manis, kafein dalam makanan sehari-hari. Tingkatkan konsumsi protein berkualitas baik seperti telur, kacang-kacangan, dan tauge dalam menu makanan si kecil. Kurangi asupan lemak berbahaya dan tingkatkan konsumsi lemak jenuh yang baik.

Penting juga untuk menanamkan kebiasaan makan buah-buahan musiman pada anak setiap hari dan meningkatkan konsumsi biji-bijian yang kaya akan serat esensial. Disarankan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak-anak dengan memberi mereka suplemen berkualitas baik untuk menggantikan nutrisi penting yang mungkin tidak tersedia dari makanan.

Membangun Kesehatan Usus
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)