Berencana Memulai Promil? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini

Rabu, 27 Mei 2020 - 07:07 WIB
loading...
Berencana Memulai Promil? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini
Ada beberapa pantangan yang diberikan spesialis gizi klinik untuk pasangan suami istri yang akan memulai program hamil. / Foto: ilustrasi/Todays Parent
A A A
JAKARTA - Banyak hal yang harus diperhatikan bagi pasangan suami istri yang akan memulai program hamil. Salah satunya menghindari beberapa hal yang dapat menggangu kesehatan sehingga bisa menurunkan peluang keberhasilan program hamil.

Setidaknya ada beberapa pantangan yang diberikan oleh spesialis gizi klinik untuk pasangan suami istri yang akan memulai program hamil. Hal pertama adalah hindari lemak jenuh dan trans tinggi, yang di mana dapat mengganggu hormon.

"Ini (lemak jenuh dan trans tinggi) sih baik yang sedang program hamil atau orang biasa pada dasarnya harus dihindari," kata spesialis gizi klinik RSU Bunda Jakarta, dr Marya Haryono, SpGK, dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (26/5).

Adapun makanan lemak tinggi tidak hanya makanan yang digoreng sampai renyah tapi juga santan. Meski memiliki sisi baik, menurut dr Marya, santan dalam olahannya mengandung lemak jenuh tinggi. Di sisi lain, karbohidrat tinggi sebaiknya juga dihindari untuk keberhasilan program hamil.

"Karbohidrat tinggi misalnya makan nasi terlalu banyak, roti banyak dan buat makanan kita dominan karbo. Misalnya makan nasi, kentang kentang, mie. Konsumsi makanan bergizi, balance dan seimbang," imbuhnya.

Hampir sama seperti menciptakan kondisi tubuh yang sehat optimal, dr Marya juga mengimbau pasangan suami istri yang akan memulai program hamil untuk mengurangi paparan radikal bebas seperti polusi dan merokok. Tanpa disadari kebiasaan ini dijelaskan dr Marya dapat mengganggu hormon dan reproduksi.

"Seperti kafein, alkohol dan rokok mutlak sebaiknya dihindari. Banyak merokok itu akhirnya mengganggu sel sperma dan sel telur," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)