Almarhum Didi Kempot Ciptakan Lagu Sungkem untuk Megawati

Rabu, 27 Mei 2020 - 06:54 WIB
loading...
Almarhum Didi Kempot Ciptakan Lagu Sungkem untuk Megawati
Almarhum Didi Kempot secara khusus menciptakan lagu Sungkem untuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
NGAWI - Almarhum Didi Kempot secara khusus menciptakan lagu Sungkem untuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Namun, lagu yang bercerita tentang Presiden Sukarno itu belum sempat diberikan langsung kepada Megawati karena Didi Kempot meninggal dunia beberapa pekan lalu.

Penyerahan lagu tersebut disampaikan istri Didi Kempot, Saputri, untuk Megawati dalam Konser Tombo Kangen in Memoriam Didi Kempot, Senin (25/5/2020) malam. Secara simbolis, serah terima lagu Sungkem dilakukan secara virtual antara Saputri dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, (Baca juga; Konser In Memoriam Didi Kempot Disiarkan iNewsTV Malam Ini )

“Sebenarnya lagu akan dipersembahkan untuk Ibu Megawati, akan tetapi Mas Didi belum ada kesempatan bertemu Ibu Mega, hingga Mas Didi berpulang,” kata Saputri, sambil menahan tangisnya, dalam acara tersebut.

Saputri mengungkapkan, dirinya ingin sekali menyampaikan amanat Didi Kempot untuk memberikan lagu tersebut langsung kepada Megawati. “Amanah ini saya sampaikan melalui Bapak Hasto. Jika ada kesempatan, saya akan menyerahkan langsung lagu ini ke Ibu Megawati,” ujar Saputri.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terharu dan bangga saat menerima lagu Sungkem yang diciptakan khusus oleh Didi Kempot. (Baca juga; Didi Kempot, Maestro Campursari Berpulang )

Hasto mengungkapkan, saat ini Megawati sudah mengetahui akan mendapat lagu ‘Sungkem’ yang diciptakan Didi Kempot. Menurut Hasto, Megawati juga sudah menyiapkan kenang-kenangan berupa lirik lagu Sungkem bergambar Bung Karno dan Didi Kempot yang dibingkai dan akan diberikan pada Saputri.

"Suatu kehormatan bagi kami, khususnya Ibu Megawati, kami juga sudah siapkan kenang-kenangan, lirik lagu Sungkem dengan foto Mas Didi dan Bung Karno,” ungkap Hasto, dalam pernyataan tertulis dari Jakarta, Selasa (26/5/2020).

“Kenang-kenangan ini kami persembahkan atas seluruh dedikasi Mas Didi Kempot yang mampu membangun harapan bagi Wong Cilik,” sambung Hasto.

Mengenai harapan Saputri yang ingin bertemu Megawati untuk memberikan lagu Sungkem, Hasto berjanji akan menyampaikan dan berharap pertemuan itu segera terwujud. “Terima kasih atas dedikasi Mas Didi bagi Wong Cilik. Terima kasih Ibu Saputri, akan kami sampaikan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Hasto.

Hasto menegaskan, nama Didi Kempot sangat akrab dengan keluarga besar PDI Perjuangan, termasuk Megawati Soekarnoputri yang kagum dengan karya-karya seniman asal Surakarta tersebut. Hasto menilai Didi Kempot sebagai seniman rakyat yang mampu mengekspresikan derita, harapan, sekaligus mimpi Wong Cilik.

“Seluruh barisan Sukarnois dan terutama Ibu Megawati Soekarnoputri sangat kagum atas daya kreasi almarhum Didi Kempot sebagai seniman rakyat,” ungkap Hasto.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)