Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa) Eps. 5 Perjuangan Umat Manusia Ungkap Misteri Kehidupan

Senin, 05 Juli 2021 - 15:15 WIB
loading...
Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa) Eps. 5 Perjuangan Umat Manusia Ungkap Misteri Kehidupan
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Legenda adalah cerita rakyat yang berisikan tentang tokoh, peristiwa, atau tempat tertentu yang mencampurkan fakta historis dengan mitos. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah" kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya.

Kisah legenda Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa) Eps. 5 kini hadir dalam Cerita Suara yang bisa didengarkan secara streaming di platform Radio+ bagian dari RCTI+. Cerita Suara Wahyu Asta Brata berlatar kesultanan Mataram yang akan mengungkap fakta, sejarah, dan budaya Mataram. Kisahnya menggetarkan, mendebarkan, menggelorakan semangat, cinta, dan perjuangan umat manusia yang ingin mengungkap misteri kehidupan ini.



Kisah ini diawalinya pada 30 Juli 1601 di mana terjadi gerhana matahari total. Hal itu merupakan pertanda buruk bagi rakyat Mataram, bumi Mataram pun pucat bagai wajah tanpa darah. Empat bulan setelah peristiwa gerhana matahari total tepatnya pada hari Senin tanggal 2 November 1601, istana Mataram dilanda duka. Panembahan Senopati ing Alaga meninggal dunia. Seluruh pembesar dan Notoprojo kerajaan Mataram menghaturkan bela sungkawa.

Jenazah Panembahan Senopati ing Alaga segera dikebumikan dan sehari kemudian Kanjeng Adipati Mondoroko mengadakan pertemuan paseban Agung di Siti Inggil istana Mataram. Pertemuan akbar di Siti Inggil itu dihadiri segenap kerabat istana, para pembesar dan seluruh Notoprojo Mataram, serta putra-putri Panembahan Senopati yang duduk berbanjar di dekat singgasana.

Singkat cerita dari kisah legenda Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa) Eps. 5 , Sukmo terus berlari menjauh dari kakek dan nenek yang mengejarnya sambil membawa lencana tersebut. Hingga akhirnya Sukmo sampai di rumah dan bertemu kedua orangtuanya. Kedua orangtuanya memarahi Sukmo karena berlari-larian, sampai ketika kedua orangtuanya tahu bahwa Sukmo membawa lencana, mereka semakin memarahi Sukmo karena mengira Sukmo mencuri lencana tersebut.



Penasaran? Mau tahu kelanjutan Cerita Suara Wahyu Asta Brata? Yuk dengerin kisah selengkapnya di Radio+ bagian dari RCTI+. Unduh aplikasi RCTI+ di Google Play Store dan Apple App Store.

#iNews #iNewsid #sindonews #sindonewscom #okezone #okezonecom #celebritiesid #celebrities #Podcast #WahyuAstaBrata #episode #5 # CaritaAdiPurwa
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2477 seconds (0.1#10.140)