Nilai CT Tak Serta Merta Jadi Patokan Tingkat Infeksius Covid-19, Ini Penjelasannya!

Rabu, 07 Juli 2021 - 13:18 WIB
loading...
Nilai CT Tak Serta Merta Jadi Patokan Tingkat Infeksius Covid-19, Ini Penjelasannya!
Foto ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Nilai Cycle Threshold (CT) dalam tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sering dijadikan acuan sembuh atau tidaknya seseorang dari Covid-19. Bisa dilakukan secara mandiri, membaca nilai CT harus berhati-hati. Belum lama ini beredar pesan yang menunjukkan bagaimana cara dalam membaca nilai CT lengkap dengan kesimpulannya, seperti:

CT 0 - 11 hasil lab invalid
CT 12 - 20 banyak virus
CT 21 - 30 fase penyembuhan
CT 31 - 40 sembuh

Merangkum dari laman Instagram @dr.fajriaddai, Rabu (7/7/2021), Influencer sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.Dokter Fajri mengatakan bahwa nilai CT pada PCR tidak dapat serta merta menjadi patokan kesembuhan dari Covid-19. Sebab gejala dan faktor klinis yang dialami pasien juga perlu dipertimbangkan.

"Faktanya semakin kecil nilai CT, maka akan semakin banyak jumlah materi genetik virus pada pasien. Semakin besar nilai CT, maka akan semakin sedikit materi genetiknya," terang dr. Fajri dalam unggahannya.

Baca Juga : Ingat! Mulai Hari Ini Masuk Sulut Wajib Test Swab PCR

Meski demikian, ia pun tak memungkiri bahwa nilai CT yang terlalu kecil dapat berarti tes invalid dan harus diulang. Namun, nilai batas bawah tes PCR berbeda pada setiap alat dan reagen yang digunakan, sehingga tidak bisa dibandingkan.

"Alhasil nilai CT <12 tidak selalu berarti tesinvalid," tambahnya.

Sama dengan sebelumnya, nilai CT yang besar juga tidak bisa disimpulkan bahwa sudah sembuh dari Covid-19. Jika masih ada gejala, pasien tersebut masih berpotensi untuk menularkan virus ke orang lain.

"Nilai CT tinggi dapat menandakan bahwa masa infeksi hampir berakhir atau justru baru memasuki tahap awal infeksi. Masa infeksius pasien harus dievaluasi dari perjalanan alamiah penyakit," imbuhnya.

Baca Juga : Dirawat di ICU, Ibunda Kartika Putri Butuh Donor Plasma Konvasalen
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0835 seconds (0.1#10.140)