Bersama BenihBaik, Pertamina Foundation Salurkan Bantuan 59 Tabung Oksigen

Jum'at, 09 Juli 2021 - 16:55 WIB
loading...
Bersama BenihBaik, Pertamina Foundation Salurkan Bantuan 59 Tabung Oksigen
Pasien Covid-19 di rumah sakit, puskesmas, hingga yang isolasi mandiri harus berupaya keras mendapatkan pasokan oksigen agar nyawa mereka bisa selamat.
A A A
JAKARTA - Populasi tabung oksigen di Indonesia saat ini 1,5-1,8 juta tabung. Namun, sejak sepekan yang lalu tabung oksigen mulai langka, kebutuhan yang tinggi akibat lonjakan kasus baru Covid-19. Pasien Covid-19 di rumah sakit, puskesmas, hingga yang isolasi mandiri harus berupaya keras mendapatkan pasokan agar nyawa mereka bisa selamat.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bikin Cemas, Begini Saran Psikolog Untuk Menghindarinya!

Adanya fenomena itu mendorong Pertamina Foundation untuk melakukan upaya nyata memberikan bantuan melalui BenihBaik .com dengan mendonasikan 59 tabung oksigen 6 meter kubik ke rumah sakit-rumah sakit di Jepara, Kudus, Demak, dan Puskemas di Banyumas. Total bantuan yang diberikan senilai Rp179.936.842.

"Kita tahu sekarang ini kondisinya sedang tidak baik-baik saja. Kondisi ini di luar harapan, di luar dari yang kita inginkan, dan itu terjadi. Ini sudah rencana Tuhan. Kita tentu saja tidak boleh patah semangat dan semangat itu tetap menyala," kata Andy F Noya, CEO dan Founder BenihBaik.com, saat membuka Online Ceremony Penyerahan Bantuan Tabung Oksigen Pertamina Foundation, Kamis (9/7).

Andy menceritakan adanya kejadian di mana orang berlomba mencari tabung oksigen, banyak yang sudah memberikan uang muka dan kemudian penjualnya menghilang. "Tega sekali di tengah situasi seperti ini orang mengambil keuntungan dengan cara seperti itu. Bukan sekadar kehilangan uang tapi juga kehilangan harapan," ungkapnya.

"Orang yang membayar tentu punya harapan akan mendapatkan tabung oksigen itu dan tidak berusaha mencari ke tempat lain, ternyata ini penipuan. Sehingga satu momentum itu hilang, beberapa meninggal karena tadinya berharap tabung oksigen ini, kehilangan uang, dan kehilangan saudaranya. Tragis, harusnya ini tidak boleh terjadi. Dan itu yang akan kita lakukan, kita berbagi tabung oksigen melalui donasi yang diberikan Pertamina Foundation, semoga banyak nyawa yang bisa diselamatkan," tuturnya.

Seiring dengan apa yang diucapkan Andy F Noya, Agus Mashud S. Asngari, Presiden Direktur Pertamina Foundation memaparkan bagaimana dirinya sangat tersentuh dengan lagu The Prayer yang dinyanyikan Celine Dion dan Andrea Bocelli. Lagu inilah yang menggerakkan Pertamina Foundation untuk segera mewujudkan bantuan oksigen bagi rumah-rumah sakit Jawa Tengah.

"Tahun lalu kita sudah mulai bekerja sama dengan BenihBaik.com dan kita ulang lagi saat ini. Dalam situasi ini cinta dalam konteks kita hanyalah human being, dan prayer di mana kita hanya bisa menggantungkan pada Yang di Atas terasa sekali dalam situasi saat ini," kata Agus Mashud setelah memperdengarkan lagu The Prayer.

Dia menambahkan, Pertamina Fundation bersama BenihBaik bisa mewujudkan cinta untuk bersama dan bisa membantu masyarakat. "Indonesia dan dunia sedang gawat dan sakit. Pertamina Foundation juga harus punya kepedulian pada sesama dan saling bantu. Kita tidak menduga gelombang kedua ini sangat tragis dan berat, jadi bantuan kecil harus kita bisa gulirkan. Harapan kami dari yang kecil bisa membesar," ujarnya.

Baca juga: Wajib Tahu, Hanya Remdesivir dan Favipiravir yang Disetujui Sebagai Obat Darurat Covid-19

Pihaknya juga berharap atas nama cinta dan banyak doa yang dipanjatkan pada Tuhan, mudah-mudahan inisiasi bersama untuk memberikan bantuan oksigen ke Jawa Tengah ini bisa dijalankan. "Kita tentu sangat ingin bisa menolong sebanyak mungkin yang kondisinya kritis dan membutuhkan uluran tangan untuk mengatasi Covid-19 yang melanda Bumi Pertiwi kita," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)