Minuman Panas Terbukti Kurangi Risiko Hipertensi hingga 65%

Jum'at, 16 Juli 2021 - 12:45 WIB
loading...
Minuman Panas Terbukti Kurangi Risiko Hipertensi hingga 65%
Minuman Panas Terbukti Kurangi Risiko Hipertensi hingga 65%. Foto/Medical News Today.
A A A
JAKARTA - Minuman panas terbukti mengurangi risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi hingga 65%. Penelitian telah mengidentifikasi komponen spesifik yang dapat membantu menangkal ancaman hipertensi

Dilansir dari Express, Jumat (16/7) teh oolong yakni teh tradisional Chinayang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis termasuk dalam kategori ini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network, meneliti efek jangka panjang dari minum teh oolong pada risiko hipertensi.

Penelitian ini dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan sejumlah besar orang. Dari 1.507 responden, di antaranya 711 pria dan 796 wanita.

Baca Juga : Ini Perbedaan Batuk Biasa dan Batuk karena Covid-19

Para peneliti mengumpulkan informasi rinci tentang konsumsi teh dan gaya hidup lain serta faktor diet yang terkait dengan risiko hipertensi.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang minum setidaknya 120 ml per hari atau setengah cangkir teh oolong selama setahun, memiliki risiko 46% lebih rendah terkena hipertensi dibandingkan yang bukan peminum teh.

Terlebih lagi, di antara mereka yang minum 120 hingga 599 ml per hari atau dua setengah cangkir, risiko hipertensi berkurang hingga 65%.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kebiasaan konsumsi teh oolong setidaknya 120 ml per hari selama satu tahun secara signifikan mengurangi risiko terkena hipertensi pada masyarakat Cina.

Baca Juga : Gejala Kolesterol Tinggi pada Jari yang Sering Tak Disadari
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1345 seconds (10.177#12.26)