Minuman Panas Terbukti Kurangi Risiko Hipertensi hingga 65%

Jum'at, 16 Juli 2021 - 12:45 WIB
loading...
Minuman Panas Terbukti...
Minuman Panas Terbukti Kurangi Risiko Hipertensi hingga 65%. Foto/Medical News Today.
A A A
JAKARTA - Minuman panas terbukti mengurangi risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi hingga 65%. Penelitian telah mengidentifikasi komponen spesifik yang dapat membantu menangkal ancaman hipertensi

Dilansir dari Express, Jumat (16/7) teh oolong yakni teh tradisional Chinayang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis termasuk dalam kategori ini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network, meneliti efek jangka panjang dari minum teh oolong pada risiko hipertensi.

Penelitian ini dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan sejumlah besar orang. Dari 1.507 responden, di antaranya 711 pria dan 796 wanita.

Baca Juga : Ini Perbedaan Batuk Biasa dan Batuk karena Covid-19

Para peneliti mengumpulkan informasi rinci tentang konsumsi teh dan gaya hidup lain serta faktor diet yang terkait dengan risiko hipertensi.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang minum setidaknya 120 ml per hari atau setengah cangkir teh oolong selama setahun, memiliki risiko 46% lebih rendah terkena hipertensi dibandingkan yang bukan peminum teh.

Terlebih lagi, di antara mereka yang minum 120 hingga 599 ml per hari atau dua setengah cangkir, risiko hipertensi berkurang hingga 65%.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kebiasaan konsumsi teh oolong setidaknya 120 ml per hari selama satu tahun secara signifikan mengurangi risiko terkena hipertensi pada masyarakat Cina.

Baca Juga : Gejala Kolesterol Tinggi pada Jari yang Sering Tak Disadari
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Mengapa Berat Badan...
Mengapa Berat Badan Ideal Bisa Menurunkan Risiko Hipertensi? Ini Kata Dokter
Dokter Ungkap Cara Lepas...
Dokter Ungkap Cara Lepas dari Obat Darah Tinggi, Begini Caranya!
Daging Kambing Dituding...
Daging Kambing Dituding Picu Kolesterol dan Hipertensi, Ini Kata Menkes
Hipertensi Mulai Serang...
Hipertensi Mulai Serang Usia Muda, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya
Kemenkes Akan Upgrade...
Kemenkes Akan Upgrade Cek Kesehatan Gratis 2026, Kanker Payudara Masuk Prioritas
RSUD Dr. Soetomo Ungkap...
RSUD Dr. Soetomo Ungkap Penyakit yang Perlu Diwaspadai Saat Natal dan Tahun Baru, Apa Saja?
Dirut BPJS Kesehatan...
Dirut BPJS Kesehatan Dorong Generasi Muda Cegah DM dan Hipertensi melalui Fun Run 2026
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Solo, Kolesterol dan Tekanan Darah Banyak Ditemukan
Cek Kesehatan Gratis,...
Cek Kesehatan Gratis, Hipertensi dan Masalah Gigi Mulai Muncul pada Anak Sekolah
Rekomendasi
Kasus Sertifikasi K3,...
Kasus Sertifikasi K3, KPK Telusuri Aliran Uang ke Pihak Kemnaker
Migrasi Pertamax ke...
Migrasi Pertamax ke Pertalite, Subsidi BBM Terancam Jebol Rp19,5 Triliun
Gempa Magnitudo 5,1...
Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Bitung Sulawesi Utara, Dirasakan di Manado dan Ternate
Berita Terkini
Berawal dari Mesin Arcade,...
Berawal dari Mesin Arcade, Talenta Muda Indonesia Juara Turnamen Dance Game Asia Pasifik
Tren Perawatan Kulit...
Tren Perawatan Kulit Regeneratif Makin Diminati, Teknologi DNA Ikan Trout Jadi Sorotan
Tren Wewangian Gen Z:...
Tren Wewangian Gen Z: Ekspresi Diri Melalui Pilihan Aroma Harian
Menjelang 75 Tahun,...
Menjelang 75 Tahun, Kak Seto Beberkan 7 Kunci Hidup Sehat dan Bahagia untuk Lansia
Berangkat dari Kisah...
Berangkat dari Kisah Viral, Cerita Lila Menjelma Jadi Horor Layar Lebar
Hadir di Jakarta Fair...
Hadir di Jakarta Fair 2026, KARA Rayakan Kekayaan Rasa Kelapa Lintas Generasi
Infografis
5 Fakta Jeffrey Epstein:...
5 Fakta Jeffrey Epstein: dari Guru Tanpa Ijazah hingga Dugaan Agen Mossad
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved