Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok

Sabtu, 17 Juli 2021 - 06:14 WIB
loading...
Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok
Persoalan rambut rontok biasanya terjadi karena berbagai faktor, misalnya jika kurang makan protein, zinc, vitamin B, dan bioting. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Rambut rontok bisa jadi masalah yang mengganggu penampilan bagi sebagian orang. Untuk mengatasinya, ada shampo yang bagus untuk rambut rontok.

Baca juga: Aktris India Terbaik dengan Bakat Luar Biasa, Ada Priyanka Chopra

Menurut Dermatologist, Mona Gohara, persoalan rambut rontok biasanya terjadi karena berbagai faktor, misalnya jika kurang makan protein, zinc, vitamin B, dan bioting. "Nutrisi ini saling bekerja sama untuk memperkuat struktur batang rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut," ujar Gohara seperti dilansir Allure.com.

Selain itu, penggunaan bleach rambut, alat-alat panas penataan rambut yang berlebihan juga menjadi faktor rambut mudah rontok. Menurut Gohara, untuk merawat rambut dengan permasalahan rontok, bisa menggunakan shampo khusus rambut untuk mencegah rambut rontok semakin parah.

Tak sembarang shampo, kata Gohara, diperlukan shampo dengan kandungan khusus untuk melawan kerontokan rambut, salah satunya ginseng. Tanaman herbal yang satu ini sangat populer di Korea Selatan.

Sebuah studi pada 2012 oleh Korea University College of Medicine menemukan bahwa ginseng merah bisa menjadi alternatif pengobatan alami untuk masalah kebotakan. Laporan tersebut didukung studi milik University of Maryland Medical Center yang menyatakan antioksidan dalam ginseng mampu mendukung kesehatan sistem jantung dan pembuluh darah untuk menjaga aliran darah yang sehat. "Aliran darah yang lancar sampai ke kulit kepala bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut baru yang sehat," ujar Gohara.

Selain Ginseng, ternyata jika shampo yang digunakan mengandung vitamin E juga baik untuk merawat rambut yang rontok. Menurut Gohara, antioksidan yang terkandung dalam vitamin E bekerja melancarkan sirkulasi darah menuju kulit kepala sehingga membantu memperbaiki kerontokan rambut dan menguatkan batang rambut. "Kulit kepala sehat dapat mendukung pertumbuhan rambut baru yang lebat dan sehat," ujar Gohara.

Shampo dengan kandungan minyak argan juga efektif mengatasi kerontokan rambut. Menurut Gohara, minyak ini sering digunakan masyarakat Timur Tengah untuk perawatan kecantikan kulit. "Namun selain untuk rambut, minyak argan juga bermanfaat untuk menjaga rambut tetap kuat dan lembut, serta mencegahnya dari rambut bercabang dan ketombe," kata Gohara.

Shampo yang bagus untuk rambut rontok lainnya adalah shampo yang mengandung biotin dan asam pantotenat (vitamin B5). Menurut Gohara, kandungan ini telah lama dipercaya dapat menguatkan dan menebalkan rambut serta mengurangi rambut rontok. "Di dalam tubuh kita, biotin bereaksi dengan enzim yang diproduksi dalam kelenjar adrenal yang berfungsi memproduksi asam amino untuk memproduksi protein," ungkap Gohara.

Baca juga: 3 Herbal Perkuat Daya Tahan Tubuh Selama Isolasi Mandiri Lawan Corona

Rambut terbuat dari protein khusus yang bernama keratin, nah, itu sebabnya menurut Gohara, biotin dipercaya bermanfaat membantu pertumbuhan rambut baru yang sehat. Biotin juga dapat membantu memperbaiki rambut rusak akibat terlalu banyak keramas dan terpapar panas, baik dari sinar matahari atau suhu panas dari alat penata rambut seperti alat catok atau hairdryer.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1543 seconds (10.177#12.26)