Covid-19 Belum Selesai, Inggris Dihantui Wabah Norovirus

Selasa, 20 Juli 2021 - 02:10 WIB
loading...
Covid-19 Belum Selesai, Inggris Dihantui Wabah Norovirus
Covid-19 Belum Selesai, Inggris Dihantui Wabah Norovirus. Foto/Medical Xpress.
A A A
JAKARTA - Covid-19 belum selesai, kini Inggris dihantui oleh wabah norovirus . Infeksi norovirus dapat menyebabkan berbagai gejala dan berlangsung hingga dua hari.

Adapun gejala yang paling umum termasuk sakit perut, mual, muntah, dan diare. Virus ini memiliki peningkatan infektivitas sehingga memungkinkannya menyebar seperti Covid-19 melalui permukaan atau kontak dekat.

Pengawasan rutin dari Public Health England (PHE) baru-baru ini menemukan serangkaian wabah norovirus di seluruh Inggris. Data menunjukkan dari Mei hingga Juli, kasus muntah telah meroket dan mendekati tingkat pra-pandemi.

Dilansir dari Express, Senin (19/7) pengaturan pendidikan telah bertindak sebagai vektor utama, dengan insiden tertinggi di fasilitas penitipan anak dan pembibitan.

PHE telah menerima total 154 laporan wabah dalam lima minggu terakhir, jauh di atas rata-rata musiman. Selama lima tahun terakhir, laporan rata-rata 53 setiap musim panas.


Kasus virus enterik - spesies penyakit yang dimiliki norovirus - meningkat secara keseluruhan dari 105 menjadi 236 antara 31 Mei dan 4 Juli.

Menurut The Guardian, dua pertiga dari kasus ini berkembang di pembibitan, dan 30% sisanya muncul di panti jompo. Profesor Saheer Gharbia, Wakil Direktur Layanan Infeksi Nasional PHE, menyarankan untuk tinggal di rumah jika mengalami gejala norovirus.

Diimbau juga untuk tidak kembali bekerja atau mengirim anak ke sekolah atau penitipan anak sampai 48 jam setelah gejala tersebut hilang. Infeksi norovirus dapat dihindari sejak awal dengan serangkaian tindakan pencegahan.

Berikut cara mencegah infeksi norovirus.

1. Tetap di rumah jika mengalami gejala norovirus.
2. Sering-seringlah mencuci tangan dan bersih dengan sabun dan air.
3. Tidak menggunakan gel anti-bakteri karena tidak bekerja dengan norovirus.
4. Gunakan pembersih rumah tangga berbahan dasar pemutih atau kombinasi pemutih atau air panas untuk mendesinfeksi permukaan.
5. Jika sakit, hindari memasak atau menyiapkan makanan sampai 48 jam setelah gejala hilang.
6. Cuci pakaian dan tempat tidur yang terkontaminasi dengan deterjen pada suhu 60 derajat Celcius dan mengenakan pelindung jika memungkinkan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)