Populer dengan Lagu Gang Kelinci, Ini Fakta Menarik Lilis Suryani

Rabu, 21 Juli 2021 - 03:04 WIB
loading...
Populer dengan Lagu Gang Kelinci, Ini Fakta Menarik Lilis Suryani
Lilis Suryani merupakan penyanyi terkenal era 1960-an yang identik dengan lagu hitsnya, Gang Kelinci. / Foto: last.fm
A A A
JAKARTA - Penikmat musik lawas Indonesia tentunya akrab dengan nama Lilis Suryani . Dia merupakan penyanyi terkenal era 1960-an yang identik dengan lagu hitsnya, Gang Kelinci.

Baca juga: Gara-Gara Foto Ini, Prilly Latuconsina Dikira Priyanka Chopra

Mulai berkiprah di industri musik sejak 1963, Lilis banyak menelurkan karya-karya musik yang sampai kini mungkin masih familiar di telinga.

Beberapa karya musik Lilis Suryani yang terkenal di antaranya Tiga Malam, Gang Kelinci, Surat Undangan, Air Mata, Oh Hesty, dan masih banyak lagi. Berikut fakta-fakta Lilis Suryani, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (20/7).

1. Sempat diundang bernyanyi di Istana Negara

Mulai bernyanyi di usia 12 tahun, Lilis Suryani remaja sudah berhasil tampil di Istana Negara untuk bernyanyi. Ketika itu, dia termasuk penyanyi yang paling belia di antara musisi-musisi lainnya seperti Nien Lesmana, Masnun Soetoto dan Titiek Puspa. Tampil di Istana Negara, adalah awal mula Lilis perkenalan Lilis dengan Presiden RI masa itu, Ir Soekarno.

2. Piawai menyanyikan lagu-lagu daerah

Selain lagu-lagu pop seperti Gang Kelinci, Lilis juga piawai menyanyikan lagu-lagu daerah. Mulai dari Minang, Makassar, hingga Sunda. Perempuan kelahiran 22 Agustus 1948 ini bahkan turut memopulerkan lagu-lagu Sunda di kancah nasional. Beberapa lagunya yakni Tjing Tulungan, Antosan, Teungteuingeun, dan Pileuleuyan.

3. Sempat main film

Selain bernyanyi, Lilis Suryani juga sempat terjun ke dunia film. Sejumlah film yang dibintanginya yakni Di Ambang Fadjar (1964), Bunga Putih (1966), Mahkota (1967), dan Jangan Kau Tangisi (1974).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)