alexametrics

Teh Kangra Diklaim Efektif Tingkatkan Kekebalan Tubuh untuk Lawan COVID-19

loading...
Teh Kangra Diklaim Efektif Tingkatkan Kekebalan Tubuh untuk Lawan COVID-19
Bahan kimia dalam teh kangra diklaim efektif meningkatkan kekebalan tubuh karena dapat memblokir aktivitas virus corona. Foto/iStock Images
A+ A-
JAKARTA - Bahan kimia dalam teh kangra diklaim efektif meningkatkan kekebalan tubuh karena dapat memblokir aktivitas virus corona secara lebih baik daripada obat anti-HIV.

Hal itu diungkapkan para ilmuwan di Institute of Himalayan Bioresource Technology (IHBT) yang berbasis di Palampur, Himachal Pradesh, India. (Baca Juga: Pentingnya Pola Tidur Demi Menjaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi)

Laman Times Now News menyebut, klaim tersebut dibuat sebagai protokol revisi dari Dewan Penelitian Medis India (ICMR) yang kemungkinan bakal menggantikan hydroxychloroquine (HCQ) dengan obat anti-HIV untuk meningkatkan kekebalan dan mengurangi replikasi virus.



“Dengan menggunakan model berbasis komputer, para ilmuwan menyaring 65 bahan kimia bioaktif atau polifenol yang dapat mengikat protein virus tertentu secara lebih efisien daripada obat anti-HIV yang tersedia secara komersial yang disetujui untuk mengobati pasien COVID-19. Bahan kimia ini mungkin menghalangi aktivitas protein virus yang membantu virus untuk berkembang di dalam sel manusia," kata Dr. Kumar, Direktur IHBT.

IHBT juga telah memproduksi dan memasok pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung ekstrak teh serta minyak aromatik alami melalui mitra teknologinya. Lembaga ini sudah mengembangkan sabun herbal dengan ekstrak teh, saponin alami dan tanpa SLES (sodium laureth sulphate), SDS (sodium dodecyl sulphate), dan minyak mineral. Sabun tersebut memberikan manfaat antijamur, antibakteri, pembersihan, dan pelembab. Sabun sedang diproduksi dan dipasarkan oleh dua perusahaan yang berbasis di Himachal Pradesh.

"Proses produksi katekin teh telah ditransfer ke M/s Baijnath Pharmaceuticals serta Ready to Serve Tea and Tea Wine, yang bisa menjadi pengganti teh Kangra," tambah Dr. Kumar. (Baca Juga: Yuk, Pertahankan Pola Hidup Bersih Sehat sebagai #NewNormal Pascapandemi)

Katekin sendiri merupakan antioksidan alami yang bisa membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lain. Pada kesempatan ini, teknologi cuka teh telah dipindahkan ke perusahaan yang berbasis di Dharmshala.

Cuka teh memiliki sifat antiobesitas. Juga Herbal Green dan Black Tea yang dicampur dengan bahan herbal yang direkomendasikan oleh AYUSH. Produk-produk ini bisa sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan terhadap COVID-19, menurut para ilmuwan IHBT.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak