Viral di Media Sosial, Ini Deretan Masker Unik Para Atlet Olimpiade Tokyo

Kamis, 29 Juli 2021 - 23:30 WIB
loading...
Viral di Media Sosial, Ini Deretan Masker Unik Para Atlet Olimpiade Tokyo
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Selain kemampuan dalam berkompetisi, masker yang dikenakan para atlet juga menarik perhatian dan viral di media sosial . Ada atlet yang mengenakan masker unik , ada pula yang mengenakan masker berbahan canggih.

Para atlet diwajibkan menggunakan masker saat prosesi penganugerahan piala. Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Tokyo 2020 menegaskan bahwa saat penganugerahan medali Olimpiade Tokyo 2020, atlet wajib mengenakan masker. "Ini adalah keharusan," kata Juru Bicara IOC Mark Adams seperti dilansir dari Reuters.com.

Baca juga : Bagas Prastyadi Harus Lebih Banyak Berlatih di Cuaca Ekstrem

Adams menegaskan, tidak ada relaksasi peraturan protokol kesehatan selama pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020. Protokol kesehatan yang ketat selama pandemi Covid-19 di Jepang berimbas ke seremoni penganugerahan medali kepada atlet pemenang cabang olahraga Olimpiade Tokyo 2020.

Pada praktiknya, tidak ada tokoh yang mendatangani para atlet pemenang untuk mengalungkan medali sebagaimana kelaziman sebelumnya. Atlet juga hanya diperbolehkan membuka masker selama 30 detik untuk keperluan pemotretan. "Medali akan disajikan di atas baki khusus," kata Adams.

Baca juga : Duel Juara Oscar De La Hoya vs Vitor Belfort di Kelas Penjelajah

Para profesional kesehatan di Olimpiade Tokyo mengenakan masker warna biru. Sementara para juri dan official rata-rata mengenakan masker warna putih. Para kontingen dari berbagai negara mengenakan masker khusus yang sesuai dengan warna bendera negara. Kontingen Indonesia misalnya mengenakan masker yang memadukan warna merah dan putih.

Sementara itu tim renang kontingen Amerika Serikat tampaknya telah mengambil inspirasi dari penjahat buku komik. Para perenang Amerika Serikat saat naik podium untuk mengalungkan medali terlihat masker yang dugunakan mereka menjadi pembicaraan di media sosial. Masker yang digunakan para atlet Amerika Serikat layaknya masker yang digunakan penjahat super Batman Bane.

Baca juga : Mengatasi Masalah Kulit saat Isoman, Lakukan Cara Ini!

Masker yang dikenakan para atlet renang Amerika Serikat ini berwarna putih namun menampilkan garis dalam yang keras dan bagian depan datar yang kaku. Masker ini disebut-sebut oleh netizen di sosial media seperti masker milik karakter yang diperankan oleh Tom Hardy dalam The Dark Knight Rises.

Berbeda dengan tim renang Amerika Serikat yang mengenakan masker layaknya penjahat di buku komik, masker dengan bahan wol yang canggih dikenakan oleh tim kontingen Selandia Baru. Tim negeri kiwi tersebut mengenakan masker wajah yang menggunakan teknologi yang sama yang akan segera digunakan untuk melindungi astronot NASA.

Baca juga : Obat Gusi Bengkak Secara Sederhana dan Alami

Masker tim yang dibuat oleh perusahaan Auckland, Lanaco, memiliki filter berbahan dasar wol dari domba Astino yang dibiakkan secara khusus dari Otago. Masker ini memiliki campuran respirator bersertifikat untuk penggunaan berisiko tinggi dan masker resistensi untuk waktu lama.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3412 seconds (0.1#10.140)