5 Gejala Covid-19 yang Butuh Waktu Paling Lama untuk Sembuh

Sabtu, 31 Juli 2021 - 07:36 WIB
loading...
5 Gejala Covid-19 yang Butuh Waktu Paling Lama untuk Sembuh
5 Gejala Covid-19 yang Butuh Waktu Paling Lama untuk Sembuh. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Ada gejala Covid-19 tertentu yang bisa memakan waktu lama untuk penyembuhan. Gelombang kedua Covid-19 juga menunjukkan bahwa gejala yang menyerang, bisa jauh lebih parah. Dari masalah pada paru-paru hingga kelelahan yang terus-menerus.

Banyak dari pasien Covid-19 yang dianggap muda dan sehat masih sulit untuk pulih, bahkan setelah dites negatif. Berikut gejala Covid-19 yang bisa memakan waktu lama untuk penyembuhan dilansir dari Times of India, Sabtu (31/7).


1. Sulit bernapas

Bagi pasien Covid-19 yang memang mengalami komplikasi pernapasan, kesulitan bernapas merupakan keluhan yang umum. Namun, dalam banyak kasus, itu juga bisa menjadi gejala yang lama sembuh, dan sering membuat tubuh bergantung pada mesin pendukung eksternal. Keluhan bisa menjadi umum di antara pasien yang memiliki tingkat keterlibatan paru-paru yang tinggi karena varian Delta, tanpa memandang usia.

Para peneliti kini juga mengamati bahwa mengalami masalah pernapasan dapat membuat pasien Covid-19 menderita masalah kronis jauh di kemudian hari, termasuk sesak napas dan kerusakan pada kantung udara di paru-paru. Latihan pernapasan ekstensif dan dukungan oksigen mungkin diperlukan untuk melanjutkan fungsi pernapasan normal.

2. Kelelahan

Mengalami tingkat kelelahan yang mengerikan dan kelelahan tiba-tiba bisa menjadi salah satu gejala awal Covid-19 varian Delta . Ini juga merupakan gejala yang membutuhkan waktu sangat lama untuk sembuh. Beberapa pasien Covid-19 terus merasa lelah selama berminggu-minggu setelah pemulihan, sementara beberapa dapat mengalami efek samping selama berbulan-bulan.

Tidak hanya tubuh sangat sibuk menghasilkan antibodi dalam menanggapi virus, sistem kekebalan juga dapat menghasilkan sitokin yang dapat mengakibatkan gejala yang mengerikan seperti kelelahan. Meski biasa terjadi pada penyakit yang disebabkan virus, melawan kelelahan dan kelemahan dengan Covid-19 adalah salah satu gejala yang mengharuskan Anda untuk beristirahat, dan tidak terlalu memaksakan diri.


3. Perubahan pada suara dan peradangan berkepanjangan di tenggorokan

Banyak pasien Covid-19 menderita infeksi saluran pernapasan atas dapat mengalami perubahan suara setelah pemulihan. Perubahan tersebut, bersama dengan batuk yang berkepanjangan, peradangan yang terus-menerus, dan suara serak adalah tanda peradangan yang meluas, dan perlu beberapa saat untuk istirahat.
Meskipun dianggap sebagai perubahan sementara, perubahan suara, upaya saat menggunakannya dapat disamakan dengan pemulihan dari flu . Namun, efek sampingnya, tidak seperti flu, dianggap lebih intens dan tahan lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)