Nyaris Tak Miliki Dokumentasi, Film Dokumenter Led Zeppelin Akhirnya Rampung Digarap

Kamis, 05 Agustus 2021 - 10:50 WIB
loading...
Nyaris Tak Miliki Dokumentasi, Film Dokumenter Led Zeppelin Akhirnya Rampung Digarap
Film dokumenter tentang band rock legendaris Led Zeppelin kabarnya telah rampung usai melewati proses penggarapan yang panjang. / Foto: The Independent
A A A
JAKARTA - Film dokumenter tentang band rock legendaris Led Zeppelin kabarnya telah rampung usai melewati proses penggarapan yang panjang. Sejarah panjang Robert Plant dkk ini dibalut dengan judul Becoming Led Zeppelin.

Baca juga: Teaser Film Terbaru Leonardo DiCaprio Bocor, Berkisah tentang Meteor dalam Perjalanan Menabrak Bumi

Menukil NME, Rabu (4/8), film yang banyak dinantikan penggila musik rock 1970-an ini digadang-gadang siap mengudara dalam waktu dekat. Film dokumenter Led Zeppelin mendadak jadi perbincangan publik sejak diumumkan kali pertama pada 2018.

Sang sutradara, Bernard MacMahon, juga membenarkan bahwa Becoming Led Zeppelin telah rampung. "Becoming Led Zeppelin adalah film yang tidak seorang pun berpikir bisa membuatnya," tutur MacMahon dalam sebuah pernyataan.

MacMahon juga menyebut Led Zeppelin salah satu band legendaris dunia yang nyaris tak memiliki dokumentasi. Lantaran itu, proses penggarapan film ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Pasalnya, pengumpulan arsip suara dan gambar orisinal sangat dibutuhkan guna menjadi rujukan valid film tersebut.

"Meroketnya popularitas band ini menjadi bintang sangat cepat dan hampir tidak terdokumentasi. Melalui pencarian secara intensif di seluruh dunia dan memakan waktu bertahun-tahun untuk melakukan pemulihan arsip visual dan audio, kisah ini akhirnya selesai diceritakan," bebernya.

Becoming Led Zeppelin menjadi film dokumenter pertama band asal Inggris itu selama berkarya selama setengah abad. Pada film itu, tiga personel tersisa, yakni Jimmy Page (gitaris), Robert Plant (vokalis), dan John Paul Jones (bassis) akan hadir dalam sesi wawancara terbarunya. Tak ketinggalan, John Bonham (drummer) juga turut berpartisipasi lewat arsip wawancara langka sebelum meninggal pada 1980.

Menariknya, belum lama ini sang frontman, Robert Plant mengaku didatangi mendiang John Bonham lewat mimpinya saat masa-masa lockdown kemarin.

"Aku bermimpi kembali bertemu bersama dengan teman-teman lama, cukup banyak, seperti John Bonham, ayahku, putraku yang pergi saat usianya lima tahun. Dan itu momen luar biasa yang sangat melegakan," tutur Robert Plant pada Digging Deep Podcast.

Baca juga: Belum Ada Bukti Hewan Terinfeksi Covid-19 Menularkan Virus ke Manusia

Kendati demikian, tanggal rilis film Becoming Led Zeppelin masih belum bisa dipastikan hingga sekarang.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)