Berkomentar Homofobik, DaBaby Bikin Artis Besar Murka dan Didepak dari Banyak Festival Musik

Minggu, 08 Agustus 2021 - 17:37 WIB
loading...
Berkomentar Homofobik, DaBaby Bikin Artis Besar Murka dan Didepak dari Banyak Festival Musik
Rapper DaBaby. Foto/Getty Images/Rich Fury
A A A
JAKARTA - DaBaby , rapper Amerika yang sedang naik daun, baru-baru ini menuai kontroversi ketika menjadi salah satu bintang tamu di acara musik Rolling Loud. Sempat mengucapkan kalimat yang merendahkan komunitas LGBTQ+ dan menyebarkan misinformasi tentang HIV/AIDS, DaBaby membuat banyak kolaborator kecewa dan tak bisa lagi bekerja sama dengan beberapa brand.

Dilansir dari Entertainment Weekly, Minggu (8/8), masalah ini bermula dari ucapan DaBaby kepada penonton ketika sedang berada di panggung Rolling Loud.



"Bila kalian datang tanpa HIV, AIDS, atau penyakit menular seksual apapun yang bisa membunuhmu dalam dua minggu, angkat tangan kalian ... terima kasih karena tidak berhubungan seks sesama jenis,” katanya.

Komentar homofobik itu membuat banyak artis seperti Elton John, Jonathan Van Ness, dan kolaborator terbaru DaBaby, Dua Lipa, murka. Diva musik internasional, Madonna, bahkan sempat mengunggah keluh kesahnya di Instagram, membeberkan fakta tentang HIV/AIDS dan komunitas LGBTQ+ yang ditujukan kepada DaBaby.

“Setelah beberapa dekade riset, dunia kini telah memiliki obat untuk menyembuhkan anak-anak yang terlahir dengan HIV dan orang-orang yang terkena HIV karena transfusi darah, jarum bekas, atau pertukaran cairan tubuh,” kata Madonna.

Selain tentang komentar homofobik, Madonna juga menyoroti komentar seksis dari sang rapper. "Dan kalimat seksismu tentang vagina perempuan yang seharusnya memiliki rasa seperti air putih hanya menambah diskriminasi yang harus dihadapi kaum perempuan setiap harinya," urai Madonna.

“Orang sepertimu adalah alasan kenapa dunia masih terpecah karena ketakutan. Semua orang seharusnya diperlakukan secara hormat tanpa melihat ras, gender, orientasi seksual, dan kepercayaan. Amin,” lanjutnya.



Selain para artis, 11 organisasi LGBTQ dan HIV/AIDS Amerika juga melayangkan surat terbuka pada DaBaby, mengatakan bahwa mereka sudah mendengar komentar sang rapper di Rolling Loud dan berniat memberikan edukasi agar ia bisa meluruskan misinformasi yang disebarkannya. Terutama karena DaBaby adalah rapper kulit hitam yang menjadi bagian dari kaum marjinal di Amerika.

Meski telah mencoba meminta maaf, DaBaby kini didepak dari beberapa festival besar seperti Lollapalooza, KS 107.5 Summer Jam, Parklife, iHeartRadio Music Festival, Music Midtown, dan masih banyak lagi. Ia bahkan diputus kontrak sebagai ambassador dari brand fashion Boohoo Man dan tak lagi diputar lagunya di beberapa radio.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)