Peneliti Temukan Habbatussauda Bisa Digunakan Jadi Obat Covid-19

Senin, 09 Agustus 2021 - 07:52 WIB
loading...
Peneliti Temukan Habbatussauda Bisa Digunakan Jadi Obat Covid-19
Peneliti Temukan Habbatussauda Bisa Digunakan Jadi Obat Covid-19. Foto/India TV News.
A A A
JAKARTA - Peneliti Australia menemukan bahwa biji tanaman Nigella Sativa, lebih dikenal sebagai kalonji atau habbatussauda dapat digunakan dalam pengobatan infeksi Covid-19 . Tanaman asli Afrika Utara dan Asia Barat ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat tradisional untuk berbagai kondisi medis, termasuk peradangan dan infeksi.

Dilansir dari India TV, Senin (9/8) sebuah tim dari University of Technology di Sydney menemukan bahan aktif Nigella Sativa dapat mencegah virus corona , virus penyebab Covid-19 , menyebabkan infeksi paru-paru.

"Ada bukti yang berkembang dari studi pemodelan bahwa thymoquinone, bahan aktif Nigella Sativa, lebih dikenal sebagai bunga adas, dapat menempel pada protein lonjakan virus Covid-19 dan menghentikan virus dari menyebabkan infeksi paru-paru," kata penulis utama dan profesor di University of Technology di Sydney, Kaneez Fatima Shad.

"Ini juga dapat memblokir badai 'sitokin' yang mempengaruhi pasien sakit parah yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19," tambahnya.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology. Thymoquinone telah dipelajari secara ekstensif di laboratorium, termasuk penelitian pada hewan. Studi ini telah menunjukkan bahwa itu dapat memoderasi sistem kekebalan dengan cara yang baik, dengan mencegah pelepasan bahan kimia pro-inflamasi seperti interleukin.


Hal ini memberikan thymoquinone peran potensial sebagai pengobatan untuk kondisi alergi seperti asma, eksim, kondisi arthritis termasuk rheumatoid dan osteoarthritis, serta bahkan mungkin multiple sclerosis.

Studi ini merinci mekanisme aksi Nigella Sativa dan thymoquinone, juga bagaimana mereka menjadi pengobatan masa depan yang menjanjikan untuk infeksi Covid-19. Ada banyak hambatan untuk pengembangan Nigella Sativa sebagai agen terapi sebagian besar karena penyerapan gastrointestinal alami yang buruk.

"Kemajuan dalam pengembangan farmakologis seperti nanoteknologi telah melihat peluang untuk mengatasi hambatan ini untuk memungkinkan penggunaannya sebagai obat oral yang efektif," jelas rekan penulis, Dr Wissam Soubra.

"Selanjutnya, obat tersebut baru-baru ini berhasil diberikan kepada pasien sebagai semprotan hidung dan pasta topikal," lanjutnya.

Nigella Sativa telah terbukti membantu dalam mengobati tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes mellitus. Sebagai pengobatan anti-inflamasi, Nigella Sativa juga bisa membantu pasien dengan rinitis alergi dan sinusitis, eksim, osteoartritis dan epilepsi masa kanak-kanak.


Manfaat lainnya adalah efektif digunakan di laboratorium dalam membunuh bakteri seperti staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan berbagai infeksi ringan hingga berat jika mereka masuk ke kulit, dan virus termasuk influenza .
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)