Penghargaan eKuliner Awards 2021, Sandiaga Uno: Tingkatkan Confidence UMKM

Selasa, 10 Agustus 2021 - 17:10 WIB
loading...
Penghargaan eKuliner Awards 2021, Sandiaga Uno: Tingkatkan Confidence UMKM
Penghargaan eKuliner Awards 2021, Sandiaga Uno: Tingkatkan Confidence UMKM/foto: dok sindonews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Paxel, perusahaan logistik berbasis teknologi menggelar penghargaan 'eKuliner Awards 2021'. Ajang ini digelar untuk mendukung dan memotivasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berinovasi memasarkan produknya secara digital.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan apresiasi. Menurut Sandiaga, sebagai salah satu penggerak perekonomian, pelaku UMKM perlu diberikan pelatihan digital sekaligus channel pemasaran yang memadai.

Sandiaga mengungkapkan, Kuliner Nusantara merupakan satu dari top tiga subsektor ekonomi kreatif yang mampu bertahan selama pandemi. Sejak awal tahun 2020, Kuliner Nusantara menjadi andalan UMKM Indonesia yang bisa bertahan bahkan berkembang dan mampu menggerakkan perekonomian selama pandemi covid-19.

"Saya secara khusus mengapresiasi ajang penghargaan “eKuliner Awards 2021” sebagai langkah positif yang perlu didukung, agar semakin memotivasi lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia untuk berinovasi memasarkan produknya secara digital. Saya berharap ke depan, kompetisi ini akan meningkatkan confidence para pelaku UMKM untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya sehingga sektor parekraf segera bangkit kembali," kata Sandiaga.



Sementara itu, CEO Paxel Bryant Christanto menyampaikan, melalui teknologi dan logistik, Paxel telah membantu UMKM Kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru se-Indonesia. Bryant menyebut kenaikan omzet UMKM Kuliner Online bisa mencapai tiga kali lipat dengan jumlah order luar kota hingga ratusan ribu paket per bulan.

“Fakta menariknya berdasarkan data, kita dapati bahwa makanan khas daerah tertentu menjadi favorit orang-orang di daerah lain, seperti orang Jabodetabek suka membelibakwan Surabaya dan orang Bandung suka membeli pempek,” ungkap Bryant dalam rilis yang diterima sindonews.com.

Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia agar semakin fokus dan semangat berbisnis, Paxel menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” untuk UMKM Kuliner Online yang juga didukung oleh Kemenparekraf Republik Indonesia.

Berdasarkan data transaksi penjualan UMKM Kuliner selama periode Lebaran 2021, terdapat 15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi dari kota: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)