Gedung Asuransi Peninggalan Belanda yang Masih Kokoh dan Beroperasi Sampai Sekarang

Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:20 WIB
loading...
Gedung Asuransi Peninggalan Belanda yang Masih Kokoh dan Beroperasi Sampai Sekarang
Podcast Jajan Sejarah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Halo semua! Balik lagi di Podcast Jajan Sejarah bareng Dua Farid! Pada obrolan ini, kedua cowok pecinta kuliner ini bakal kembali mengajak kamu jalan-jalan mencari tempat bersejarah dan tempat makan enak di sekitar Jakarta. Tujuan kali ini adalah Jakarta Pusat, yaitu sekitar Harmoni dan Pecenongan! Mau tahu akan seperti apa keseruannya? Langsung segera simak di RCTI+ yuk!

Bukan hanya di Kota Tua, gedung-gedung cantik bergaya Belanda peninggalan pemerintah kolonial pun tersebar di beberapa daerah lainnya di Jakarta, termasuk daerah Harmoni. Di kawasan itu, tepatnya di jalan Juanda, dulunya terdapat sebuah perusahaan asuransi ternama. Pun sampai sekarang, gedungnya masih berdiri kokoh dan beroperasi dengan baik.

Di gedung tersebut, dulunya terdapat perusahaan asuransi (Embed “perusahaan asuransi”) milik Belanda bernama NILLMIJ. “Gedung ini (gedung asuransi Jiwasraya) bagus, masih terawat sekali, nggak ada pagarnya juga jadi langsung menyatu dengan trotoar, trotoarnya pun lebar dan ada tempat duduknya,” ungkap Farid.

Baca Juga : Bersama Arya Saloka, Arie Kriting Kembangkan Bisnis Pisang Goreng Sambal Khas Indonesia Timur

Perusahaan asuransi NILLMIJ sebenarnya sudah ada sejak 1859, tetapi kantornya di jalan Juanda itu baru ada sekitar tahun 1909. Kini tempat itu menjadi kantor perusahaan asuransi Indonesia, Jiwasraya . “Konon kalo lo masuk ke dalamnya (gedung asuransi), itu masih banyak prasasti tulisan-tulisan Belanda,” ucap Farid. Sentuhan Belanda memang masih sangat kental di tempat penuh sejarah tersebut.

Mau tahu gimana kelanjutan cerita mereka? Dengarkan selengkapnya hanya di Podcast Jajan Sejarah eksklusif di RCTI+
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)