Kena Diabetes Setelah Sembuh Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

Kamis, 12 Agustus 2021 - 14:10 WIB
loading...
Kena Diabetes Setelah Sembuh Covid-19, Ini Penjelasan Dokter
Kena Diabetes Setelah Sembuh dari Covid-19, Ini Penjelasan Dokter. foto/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - India melaporkan ada peningkatan kasus Diabetes di negaranya pada kelompok pasien Covid-19 yang berhasil sembuh. Salah satu dugaan penyebabnya ialah penggunaan obat steroid yang diberikan saat pengobatan Covid-19.

Informasi ini menjadi kekhawatiran beberapa orang, terlebih pasien Covid-19 yang mendapat resep dokter obat steroid dalam proses penyembuhan penyakitnya. Tapi, apakah dugaan itu benar?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrinologi, Metabolisme, dan Diabetes, Dr. dr. Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD, menerangkan bahwa itu sesuatu yang keliru.

"Penggunaan steroid pada proses penyembuhan pasien Covid-19 memang meningkatkan kadar gula, tapi ketika obat steroid disetop karena Covid-19 sudah sembuh, ya, gulanya normal lagi," terangnya dalam webinar kesehatan, Kamis (12/8/2021).



"Jadi, jangan kemudian beranggapan bahwa sakit Covid-19 akan membuat seseorang mengalami Diabetes, itu tidak benar," tambahnya.

Dokter Wisma yang merupakan Ketua Jakarta Diabetes Meeting 2021 itu pun menerangkan bahwa pada kebanyakan kasus pasien Covid-19 itu tidak mengetahui kalau dirinya memiliki masalah Diabetes atau setidaknya dia memiliki pre-Diabetes. "Baru ketahuan setelah pemeriksaan lengkap saat dirawat di rumah sakit misalnya," katanya.

Hal ini sesuai dengan tren yang ada di masyarakat Indonesia bahwa 2 per 3 hingga 3 per 4 orang Indonesia itu ternyata tidak tahu kalau dirinya berisiko Diabetes atau bahkan memiliki masalah Diabetes. Karena ketidaktahuan tersebut, membuat anggapan orang yang Covid-19 bakal alami Diabetes.

"Padahal, Diabetes sudah ada sebelum terinfeksi Covid-19, tapi baru terdeteksi saat si pasien terinfeksi Covid-19," ujarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2503 seconds (0.1#10.140)