alexametrics

Khasiat Konsumsi Nasi Merah, Membuatnya juga Mudah

loading...
Khasiat Konsumsi Nasi Merah, Membuatnya juga Mudah
Nasi merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini karena kandungan nutrisi yang signifikan. Membuatnya juga mudah. Ini caranya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Nasi merah dipercaya menyehatkan tubuh. Tidak seperti nasi putih, nasi merah mengandung lapisan dedak dan kuman yang keduanya mengandung sejumlah nutrisi yang signifikan.

Dedak beras merah mengandung antioksidan flavonoid apigenin, quercetin, dan luteolin. Senyawa ini memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit.

Konsumsi makanan yang kaya flavonoid secara teratur telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kondisi kronis. Seperti halnya penyakit jantung dan kanker tertentu. Nasi merah memberikan jumlah kalori dan karbohidrat yang serupa dengan nasi putih, yang telah menghilangkan bekatul dan kuman. Namun, varietas coklat memiliki serat sekitar tiga kali lebih banyak dan lebih tinggi protein.



Baik serat dan protein memberikan perasaan kenyang dan dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Terlebih, konsumsi nasi merah daripada nasi putih dapat membantu mengatur gula darah dan insulin, hormon yang mendukung kadar gula darah yang sehat.

Sebuah studi pada 15 orang dewasa yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mereka yang makan 7 ons atau 200 gram beras merah selama 5 hari memiliki kadar gula darah puasa dan insulin yang jauh lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi jumlah nasi putih yang sama.

Selain itu, kelompok beras merah mengalami persentase perubahan insulin puasa yang 57% lebih rendah dari persentase perubahan 5 hari yang diamati pada kelompok nasi putih. Ini membuat nasi merah menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang menderita diabetes. Terlebih lagi, magnesium tinggi, mineral yang memainkan peran penting dalam gula darah dan metabolisme insulin.

Tapi pastikan Anda mendapatkan rasio antara air, nasi dan total waktu memasak yang tepat atau nasi berisiko menjadi lembek. Berikut empat langkah mudah untuk memasak nasi merah seperti dilansir dari Goodhousekeeping. (Baca juga: Disney Bagikan Resep Grey Stuff, Makanan Penutup Beauty and the Beast).

1. Rebus air
Rebus 2/12 gelas air dalam panci tertutup. Tambahkan 1/4 sdt garam dan 1 cangkir beras saat air mendidih. Tambahkan rasa dengan menggunakan kaldu alih-alih air.

2. Rebus beras
Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 40-50 menit. Pastikan tidak mengaduk beras atau mengangkat tutupnya.

3. Diamkan selama 5 menit
Setelah nasi matang dan terlihat bagus, angkat nasi dari kompor. Kemudian diamkan selama 5 menit.

4. Sajikan
Ambil garpu dan aduk nasi secara perlahan. Nasi merah siap disantap bersama lauk pauk atau beragam bumbu favorit Anda.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak