Kelola Emosi Secara Baik untuk Jaga Kesehatan Mental, Ini Tipsnya

Selasa, 17 Agustus 2021 - 10:31 WIB
loading...
Kelola Emosi Secara Baik untuk Jaga Kesehatan Mental, Ini Tipsnya
Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mengelola emosi secara baik dapat berdampak positif pada kesehatan mental Anda. Bagaimana caranya?

Vicki Botnick, seorang terapis dari California, Amerika Serikat, memberikan beberapa tips untuk mengelola emosi secara baik demi menjaga kesehatan mental. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari laman Healthline pada Selasa (17/8).



1. Identifikasi Apa yang Anda Rasakan

Meluangkan waktu sejenak untuk memeriksa diri sendiri tentang suasana hati Anda setelah bergejolak dengan emosi dapat membantu Anda mendapatkan kembali kendali. Dengan mempertimbangkan kemungkinan alternatif, Anda membingkai ulang pemikiran Anda yang dapat membantu mengubah reaksi ekstrem pertama Anda karena emosi tersebut.

2. Terima Emosi Anda

Menerima emosi saat perasaan itu muncul dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dengannya. Meningkatkan kenyamanan di sekitar emosi yang intens memungkinkan Anda untuk merasakannya sepenuhnya tanpa bereaksi dengan cara yang ekstrem dan tidak membantu.

Untuk berlatih menerima emosi, cobalah menganggapnya sebagai pembawa pesan. Mereka tidak "baik" atau "buruk". Mereka netral. Mungkin emosi terkadang memunculkan perasaan yang tidak menyenangkan, tetapi mereka tetap memberi Anda informasi penting yang dapat Anda gunakan.

3. Buat Jurnal Suasana Hati

Menulis atau mengetik perasaan Anda dan respons yang dipicunya dapat membantu Anda menemukan pola yang mengganggu. Terkadang, cukup untuk melacak emosi secara mental melalui pikiran Anda, menempatkan perasaan di atas kertas dapat memungkinkan Anda untuk merenungkannya lebih dalam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2578 seconds (0.1#10.140)