Pakai Masker Dobel Cegah Covid-19, Simak Cara Penggunaannya

Rabu, 18 Agustus 2021 - 08:15 WIB
loading...
Pakai Masker Dobel Cegah Covid-19, Simak Cara Penggunaannya
Pakai Masker Dobel Cegah Covid-19, Simak Cara Penggunaannya. Foto/NBC News.
A A A
JAKARTA - Memakai masker dobel dapat mencegah penyebaran infeksi dan penularan Covid-19 . Hal ini sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .

Sebagaimana diketahui, beberapa pekan lalu Tanah Air mengalami ledakan Covid-19 akibat varian Delta yang menyebar dengan masif. Alhasil rumah sakit menjadi penuh dan memberikan tekanan bagi para tenaga kesehatan (nakes). Selain itu kasus kematian pasien dan para nakes pun meningkat karena adanya ledakan Covid-19.

Merangkum dari laman Instagram resmi, @sulunsulunkkn, Rabu (18/8), pada awalnya direkomendasikan menggunakan masker medis untuk pencegahan infeksi. Memakai masker dobel dengan masker medis terlebih dahulu lalu dilapisi dengan masker kain terbukti lebih efektif dalam meningkatkan efektivitas masker untuk melindungi diri dari Covid-19.


Masker medis saja dapat menyaring partikel hingga 56,1%, sementara masker kain saja dapat menyaring partikel sebesar 51,4%. Penggunaan masker dobel dengan dua masker bedah ataupun menambah lapisan pada masker N95, tidak disarankan.

Agar efektif dalam penggunaannya, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat hendak menggunakan masker dobel. Penggunaan masker medis dan masker KN95 tidak dianjurkan, begitu halnya dengan penggunaan dua masker medis yang dirangkap.

Penggunaan masker dobel yang direkomendasikan adalah masker kain dan masker medis. Setelah menggunakan masker dobel, masyarakat juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)