Cara Mengatur Gaji Sampai Gajian Lagi, Yuk Ikuti 6 Tips Ini!

Minggu, 22 Agustus 2021 - 17:07 WIB
loading...
Cara Mengatur Gaji Sampai Gajian Lagi, Yuk Ikuti 6 Tips Ini!
Cara mengatur gaji sampai gajian lagi, agar uang tak habis di tengah bulan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatur gaji sampai gajian lagi terkadang jadi hal yang tidak mudah. Apalagi bagi Anda yang punyai sift boros. Begitu habis gajian, banyak orang yang langsung membelajakan uangnya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak mendesak. "Mumpung habis gajian", mungkin itulah yang terlintas.

Sebenarnya hal tersebut tidak salah, asalkan kamu tau cara bijak mengatur gaji supaya uang gaji Anda cukup hingga gajian bulan berikutnya. Jangan sampai baru tengah bulan, uang gaji Anda sudah habis. Seperti dikutip dari laman Koinwork, begini tips mengatur keuangan, agar uang gaji cukup hingga gajian lagi:

1. Buat Daftar Pengeluaran Pasti

Anda sendiri pasti tahu pengeluaran apa saja yang biasa dilalakukan selama satu bulan.Buatlah daftarnya, lalu kurangkan jumlah pengeluaran tersebut dari gaji yang yang diterima. Karena pengeluaran ini sifatnya tetap, Anda tidak bisa lagi mengganggu gugat jumlahnya, kecuali ada hal mendadak.

Contoh dari pengeluaran ini adalah biaya sewa kos, biaya transportasi selama satu bulan, biaya servis kendaraan, biaya pulsa, biaya asuransi atau biaya-biaya lainnya yang jumlahnya tetap.

Baca Juga : Simak Yuk, Tips Mengatur Keuangan Pengantin Baru Double Income

2. Buat Daftar Kebutuhan

Ingat, kebutuhan bukan keinginan. Berarti di sini Anda harus mementingkan untuk membeli barang-barang kebutuhanmu yang sudah habis dan harus diisi ulang stoknya.

Biasanya untuk mereka yang bekerja sambil ngekos, pasti punya daftar barang-barang yang masuk daftar belanja bulanan terutama barang-barang kebutuhan sehari-hari.Untuk yang masih tinggal bareng orang tua, pastilah punya kebutuhan barang pribadi walaupun tak sebanyak mereka yang ngekos.

Buatlah daftar sedetail-detailnya. Biaya belanja bulanan ini juga bisa dibuat tetap jumlahnya setiap bulan, sehingga kamu bisa memasukkannya ke daftar alokasi pengeluaran tetap di tips pertama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6535 seconds (0.1#10.140)