Ini Alasan Mulia Dokter Gunawan Bantu Banyak Pasien yang Kesulitan Cari Obat karena Mahal

Senin, 23 Agustus 2021 - 17:20 WIB
loading...
Ini Alasan Mulia Dokter Gunawan Bantu Banyak Pasien yang Kesulitan Cari Obat karena Mahal
Dokter Gunawan mengaku sering membantu pasien yang mencari untuk mendapatkan obat-obatan mahal menggunakan uang pribadi. Foto/YouTube Deddy Corbuzier
A A A
JAKARTA - Dokter Gunawan belakangan ramai diperbincangkan. Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang bekerja di RS Medistra Jakarta tersebut menjadi viral lantaran berhasil membantu Deddy Corbuzier keluar dari kondisi kritis karena badai sitokin .

Tak hanya membantu sang mentalist sekaligus YouTuber tersebut, dokter Gunawan rupanya juga menyimpan kisah heroik lainnya. Diungkapkan Deddy, dokter Gunawan ternyata terkenal sering membantu pasien mencari dan mendapatkan obat-obatan menggunakan uang pribadi.

“Banyak pasien yang tidak bayar sama dokter. Banyak pasien-pasien juga yang dokter carikan obat yang mahal, tetapi tidak bayar,” kata Deddy dikutip dari YouTube-nya, Senin (23/8/2021).

“Tidak bisa menyalahkan rumah sakit ya, tapi Anda juga tanggung obat-obatan mahal itu dengan uang Anda pribadi? Why?” tanyanya lagi.



Mendengar pertanyaan itu, dokter Gunawan tersenyum. Dia membenarkan semua perkataan Deddy. “Ya. Eh, (alasannya) lebih ke masalah moral ya. Saya jadi dokter bukan untuk cari uang. Saya jadi dokter untuk menolong orang ya, terus terang,” kata dr Gunawan.

Dia menjabarkan, bahwa sejak kecil dia sudah ditanamkan oleh orang tuanya untuk tidak setengah-setengah saat menolong orang lain.

“Kalau kamu punya uang, tolong orangnya. Kalau kamu punya satu, kamu kasih setengah, nih orang enggak selamat, ya udah kamu kasih satu. Tuhan akan mengembalikan yang satu itu dengan bentuk yang lain. Itu yang selalu saya pegang sampai sekarang,” ungkap dokter lulusan Universitas Indonesia itu.

“Karena lu tahu ya, kalau lu enggak kasih (obat, pasien itu) mati?” tanya Deddy lagi, penasaran.

“Mati. Ya,” jawab dr Gunawan singkat dengan anggukan.



Bagi dia, keselamatan pasien adalah yang utama, meski dia harus mengorbankan harta pribadinya. “Dengan diberikan (obat itu), beliau selamat, ya, kepuasan buat saya. That's enough for me. Saya bisa menyelamatkan nyawa pasien-pasien saya,” ungkap dr Gunawan lagi.

Kendati demikian, tidak semua pasien dapat dibantunya, mengingat dia juga memiliki keluarga yaitu istri dan anak-anak. “Tidak semua yang bisa saya bantu karena saya harus menghidupi anak istri saya juga,” katanya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)
pixels