Tempat Wisata Cantik di Kota RA Kartini

Selasa, 21 April 2020 - 15:21 WIB
loading...
Tempat Wisata Cantik di Kota RA Kartini
Di tempat kelahiran RA Kartini, yakni Jepara, banyak wisatawan datang berkunjung. Foto/Id.wikipedia.org. Foto Insert: Museumindonesia.com/Istimewa
A A A
JAKARTA - Setiap tanggal 21 April masyarakat Indonesia memperingati hari kelahiran seorang pahlawan nasional, Raden Adjeng Kartini. Sosok perempuan hebat yang lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879.

Di tempat kelahirannya banyak wisatawan datang berkunjung. Tak sekadar ingin tahu sejarah, turis pun bisa menikmati wisata alam hingga wisata kuliner. Ingin tahu tempat wisata apa saja yang ada di Kampung RA Kartini itu? Berikut daftarnya yang bisa Anda kunjungi.

Tempat Wisata Cantik di Kota RA Kartini


1. Museum RA Kartini
Lokasinya berada di Pendopo Kabupaten Jepara. Luas bangunan museum 890 meter persegi yang dibangun di atas tanah seluas 5.210 meter persegi.

Menurut sejarahnya, museum ini dibangun pada 1975 sebagai penghargaan pemerintah kepada RA Kartini sebagai perintis emansipasi wanita Indonesia. Di museum ini ada banyak buku dan literatur mengenai sepak terjang Kartini semasa hidup. Termasuk koleksi dari benda-benda berharga yang pernah dipakai oleh RA Kartini.

Biar tidak penasaran, datang dan berkunjung ke museumnya lebih menarik. Anda juga bisa berfoto-foto di lokasi museum ini. Museum dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Tempat Wisata Cantik di Kota RA Kartini


2. Pantai Kartini
Letak Pantai Kartini berada di Desa Bulu yang sangat dekat dengan Kota Jepara. Jaraknya hanya 2,5 kilometer dari Kantor Bupati Jepara dan berada tak jauh dari jalur transportasi kota.

Satu daya tarik pantai ini ialah Kura-Kura Ocean Park yang berisi akuarium besar tempat kura-kura dan penyu berhabitat. Di Kura-Kura Ocean Park ini Anda bisa belajar tentang dunia bawah laut dan keindahannya.

Selain itu, karena lokasinya pantai, kawasan Pantai RA Kartini juga tidak jauh ke dermaga yang akan menjadi lalu lintas transportasi laut menuju Kepulauan Karimunjawa. Pulau eksotis yang memiliki keindahan bawah laut luar biasa.

Tempat Wisata Cantik di Kota RA Kartini


3. Air Terjun Songgo Langit
Tempat wisata alam ini terletak di Desa Bucu, Kecamatan Kembang, sejauh 30 KM arah utara dari pusat Kota Jepara. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dan lebar airnya mencapai 2 meter.

Konon, air terjun ini jika dilihat dari bawah, deras dan tingginya air tersebut tampak seolah-olah sedang menyangga cakrawala langit. Selain itu, di kawasan air terjun ini juga Anda bisa menikmati keindahan kupu-kupu dengan warna-warnanya yang cantik yang terbang berseliweran di sekitar air terjun.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2199 seconds (0.1#10.140)