Yogyakarta Jadi Destinasi Wisata Paling Ingin Dikunjungi Usai Pandemi

loading...
Yogyakarta Jadi Destinasi Wisata Paling Ingin Dikunjungi Usai Pandemi
Yogyakarta menjadi destinasi wisata yang paling ingin dikunjungi masyarakat Indonesia usai pandemi. FOTO/IST
A+ A-
JAKARTA - Destinasi wisata lokal lebih banyak dipilih warga untuk melepaskan kerinduan bertamasya ketika nanti pandemi virus corona jenis baru, COVID-19 berakhir. Start up perjalanan wisata Booking.com mencatat sekitar 76% masyarakat Indonesia akan berlibur ke tempat wisata lokal atau meningkat dari tahun lalu yang hanya 55%.

Persentase diperoleh dari survei wisatawan pada Maret 2020. Mereka diminta memilih destinasi wisata yang ingin dikunjungi setelah pandemi COVID-19 selesai. Hingga Mei 2020 ini, tercatat tujuh nama destinasi wisata lokal yang menjadi favorit. Pulau Bali menyumbang empat destinasi wisata yang diinginkan. Berikut di antaranya:

1. Yogyakarta
Berada di urutan pertama destinasi wisata yang diinginkan, memang patut disematkan untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini. Ada banyak destinasi wisata populer yang bisa dikunjungi di tempat Sultan Hamengkubuwono IX ini, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata belanja, hingga wisata kuliner.(Baca juga: Proyek 5 Destinasi Super Prioritas Dipastikan Tetap Berjalan)

Beberapa di antaranya adalah Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Jalan Malioboro, Gunungkidul, dan berbagai Warung Gudeg. Bergeser ke wilayah Gunung Kidul, obyek wisata alamnya sangat menakjubkan seperti Gua Pandul, Pantai Ngobaran, Grojokan Sewu Kulon Progo, Gunung Merapi dan lain-lain.



Berwisata ke Yogya pun terkenal dengan bujet yang sangat ramah di kantong. Tak salah, bila Yogyakarta memang destinasi wisata lokal yang sangat ingin dikunjungi wisatawan domestik.

2. Jakarta
Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta memang memiliki segalanya, dimana roda pemerintahan dan perekenomian negara terus berputar. Meskipun terkadang macet dan polusi udara parah, Jakarta nyatanya tak pernah sepi peminat.

Banyak destinasi wisata populer yang ada di kota ini, di antaranya adalah Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Monumen Nasional (Monas), Kepulauan Seribu dan lainnya. Infrastruktur pendukung pariwisata di sini juga terbilang sangat lengkap.



Untuk wisata belanja pun, Jakarta sangat komplet. Tak heran, banyak orang yang ingin segera mengunjunginya ke daerah khusus ibukota ini. Boleh dikatakan destinasi wisata di Jakarta ini adalah paket komplet berwisata.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top