Obat Diabetes Metformin di Indonesia Aman, Begini Aturan Pakai Agar Efektif Turunkan Kadar Gula!

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 16:05 WIB
loading...
Obat Diabetes Metformin di Indonesia Aman, Begini Aturan Pakai Agar Efektif Turunkan Kadar Gula!
Metformin. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Obat diabetes Metformin di Inggris ditarik ijin edarnya. Obat ini dilaporkan mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (28/8), penarikan ini disebabkan akibat penemuan tingkat nitrosodimethylamine (NDMA) yang tidak dapat diterima. NDMA merupakan senyawa organik yang terbentuk secara alami.

Namun penarikan itu tidak terjadi di Indonesia. Dikutip dari situs resmi BPOM, pemberitaan tersebut tidak berlaku di Indonesia. Pasalnya, dijelaskan bahwa BPOM bersama industri farmasi pemegang izin edar di Indonesia telah melakukan kajian terhadap semua produk yang mengandung Metformin sediaan lepas lambat (extended release) yang beredar di Indonesia.

Hasil kajian menunjukkan bahwa produk Metformin yang beredar di Indonesia memenuhi persyaratan ambang batas cemaran NDMA yang diperbolehkan (acceptable daily intake), yaitu 96 ng/hari. Penggunaan di atas ambang batas tersebut secara terus-menerus dalam jangka waktu lama berpotensi menyebabkan kanker/karsinogenik.

Baca Juga : Obat Diabetes Metformin Ditarik Edar, Mengandung Bahan Kimia Penyebab Kanker

Bagi penderita diabetes (diabetesi) Metformin boleh dibilang menjadi obat wajib. Metformin bekerja dengan cara meningkatkan efektivitas tubuh dalam menggunakan insulin untuk menekan peningkatan kadar gula darah. Namun perlu diketahui, obat ini tidak dapat diberikan pada penderita diabetes tipe 1 yang organ pankreasnya sudah tidak memproduksi insulin.

Seperti dikutip laman Alodokter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat konsumsi obat ini. Sebaiknya hentikan konsumsi metformin dan segera ke dokter bila mengalami diare dan muntah setelah menggunakan obat ini.Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama menggunakan metformin karena akan meningkatkan risiko gula darah rendah dan asidosis.

Sebelum mengonsumsi metformin, beri tahu dokter bila memiliki riwayat penyakit hati, penyakit ginjal, gangguan pernapasan, dan gangguan pembekuan darah.Bila berencana menjalani operasi atau pemindaian dengan cairan kontras, beri tahu dokter bahwa Anda sedang menggunakan metformin.

Untuk orang dewasa dosis yang dianjurkan adalah dosis awal 500-850 mg, 2-3 kali sehari. Dosis maksimal 3000 mg per hari, dibagi ke dalam 3 kali minum.

Baca Juga : Gejala Diabetes Tipe 2, Bentuk Jari Kaki Tanda Gula Darah Tinggi

Cara mengonsumsi Metformin juga jangan sembarangan agar efektif menurunkan gula darah.Pastikan untuk mengikuti anjuran dokter dan membaca petunjuk pada kemasan obat dalam mengonsumsi metformin. Konsumsilah obat ini bersama makanan dan banyak minum air putih, kecuali dokter menyarankan sebaliknya. Telan tablet metformin secara utuh, tanpa mengunyah atau menghancurkannya terlebih dahulu.

Konsumsilah metformin pada waktu yang sama setiap hari agar pengobatan efektif. Bila lupa mengonsumsi obat ini, Anda disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu ingat, jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3203 seconds (0.1#10.140)