Sandiaga Uno Harap Rendang Sumpu Bisa Jadi Daya Tarik Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu

Minggu, 29 Agustus 2021 - 19:30 WIB
loading...
Sandiaga Uno Harap Rendang Sumpu Bisa Jadi Daya Tarik Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu
Sandiaga Uno Harap Rendang Sumpu Bisa Jadi Daya Tarik Desa Kampuang Minang Nagari Sumpu. Foto/MPI/Rizky Pradita Ananda
A A A
JAKARTA - Gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, jadi ajang promosi dari banyak desa wisata untuk tampil menonjolkan keunikan, potensi wisata, dan keunggulannya masing-masing.

Salah satu contohnya Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu yang memiliki kekayaan khas di bidang kuliner yang menjadi khas dari Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, salah satu desa wisata yang sukses masuk ke 50 desa wisata terbaik di ajang ADWI 2021.

Berkesempatan untuk mengunjungi langsung Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengaku ia pribadi terkesan dengan Rendang Sumpu, olahan kuliner khas dari Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu yang berlokasi Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

“Saya sangat terkesan dengan potensi kulinernya, dan ajang ADWI 2021 ini diharapkan dapat memperkuat potensi yang ada," kata Sandiaga Uno yang ditemui Sabtu (28/8/2021) di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Sumatera Barat.



Berbeda dengan rendang pada umumnya, rendang sumpu khas desa Kampuang Minang Nagari Sumpu ini disebutkan memiliki cita rasa sedikit berbeda dengan rendang lainnya karena menghadirkan rasa manis yang tipis, tapi tetap gurih ditambah dengan aromanya yang kuat.

Selain rendang sumpu, desa wisata tersebut juga diketahui memiliko kekayaan kuliner khas seperti rebon, singgang sumpu, dan pangek sumpu, pangek sasau, singgang, dan ikan bilih goreng yakni ikan Bilih sendiri merupakan jenis ikan bisa ditemukan di Danau Singkarak yang berbatasan dengan Nagari Sumpu.

Mencicipi deretan kuliner khas ditambah dengan pengalaman memasak secara langsung, menjadi paket wisata yang banyak ditawarkan ke para wisatawan. Inilah yang disebut Sandiag sebagai daya tarik yang bisa membangkitkan Kampuang Minang Nagari Sumpu sebagai salah satu desa wisata di Provinsi Sumatera Barat.



“Kuliner tersebut bisa memperkuat daya tarik dan potensi kuliner dari desa wisata Nagari Sumpu, dan jadi pembeda antara desa wisata Nagari Sumpu dengan desa wisata lainnya," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)