Langkah Mudah dan Tepat Penggunaan Mortar Instan untuk Hunianmu

Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:34 WIB
loading...
Langkah Mudah dan Tepat Penggunaan Mortar Instan untuk Hunianmu
foto: Dokfreepik
A A A
JAKARTA - Penggunaan mortar menjadi terobosan di industri material bangunan, yang tidak hanya lebih hemat tapi juga lebih praktis. Mortar instan ini sangat praktis karena dalam pemakaiannya Anda cukup menambahkan air secukupnya saja. Paling sering mortar instan digunakan dalam pembuatan pasangan bata, plesteran, serta pemasangan keramik.

Lalu bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan jenis mortar instan ini ? Simak langkah- langkahnya berikut ini.

Langkah Pertama
Pada tahapan pertama yang perlu diperhatikan adalah kesiapan dasar permukaan dimana akan diaplikasikan mortar, antara lain, bersihkan permukaan tersebut dari kotoran dan minyak. Jika terlalu kering basahi dasar permukaan yang akan diplester dengan menggunakan air.

Perhatikan, takaran antara mortar instan yang dipadukan bersama air sangat berpengaruh terhadap tingkat kekerasan yang juga memberi kualitas daya tahannya terhadap struktur bangunan. Untuk itulah jangan pernah mencampurkan mortar dengan bahan lain dengan mengandalkan feeling saja.

Untuk mendapatkan hasil campuran yang sempurna Anda dapat megikuti instruksi yang sudah tertera di kemasan Mortar Indonesia jenis D-2.

Langkah Kedua
Dalam penggunaan mortar harus diperhatikan dengan cermat perbandingan campuran mortar instan dan air. Pada dasarnya untuk perbandingan komposisi bahan mortar dan air dapat Anda lihat di kemasan Mortar Indonesia jenis D-2. Mortar Indonesia jenis D-2 merupakan produk mortar yang diformulasikan khusus sebagai perekat bata dan plester dinding.

Dengan komposisi campuran semen, pasir, dan bahan pilihan yang tercampur secara homogen sehingga dapat menghasilkan aplikasi lebih maksimal dan berkualitas yang tentunya lebih mudah dan praktis.
Langkah Mudah dan Tepat Penggunaan Mortar Instan untuk Hunianmu

foto : Mortar Indonesia

Langkah Ketiga
Untuk langkah ketiga ini terdapat penerapan yang membuat proses pengaplikasian mortar bisa lebih optimal. Aplikasikan dengan menggunakan metode kamprot (teknik pembuatan finishing permukaan dinding yang memiliki tekstur kasar). Selanjutnya Lakukan proses perataan permukaan plester dengan menggunakan jidar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Setelah selesai, gosok atau finish menggunakan roskam semen atau sejenisnya untuk mendapatkan hasil yang optimal

Itulah dia beberapa cara pemakaian mortar yang bisa Anda coba terapkan. Dari langkah-langkah tersebut Anda dapat memilih mortar instan untuk diapliksikan dalam pengerjaan bangunan hunian Anda.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)