Salahkah Penggunaan Obat dan Ventilator untuk Pasien Covid-19? Ini Faktanya

Rabu, 01 September 2021 - 12:31 WIB
loading...
Salahkah Penggunaan Obat dan Ventilator untuk Pasien Covid-19? Ini Faktanya
Selama masa pandemi Covid-19, berbagai macam pengobatan dilakukan untuk menyelamatkan nyawa pasien. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Selama masa pandemi Covid-19 , berbagai macam pengobatan dilakukan untuk menyelamatkan nyawa pasien. Salah satu caranya adalah menggunakan berbagai macam obat yang dipercaya dapat mengobati Covid-19 dan ventilator.

Baca juga: Hotman Paris Penasaran Vicky Prasetyo Banyak Taklukan Wanita Meski Wajah Pas-pasan, Ini Jawabannya

Namun, belum lama ini beredar kabar di media sosial yang mengatakan bahwa penggunaan obat dan ventilator pada pasien Covid-19 selama ini salah. Lantas apakah hal tersebut benar atau hanyalah hoax semata?

Merangkum dari laman Instagram @dr.fajriadaai, Rabu (1/9/2021), Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i, memastikan kabar tersebut adalah tidak benar atau hoax.

Faktanya, obat serta ventilator yang digunakan pada pasien Covid-19 adalah salah satu upaya yang dilakukan agar kondisi penyakit pasien membaik. Intervensi tersebut aman apabila dilakukan dalam pengawasan tenaga kesehatan (nakes).

Lebih lanjut, hoax tersebut menyebutkan bahwa obat yang digunakan pada pasien Covid-19 hanya akan memberi dampak buruk pada tubuh, khususnya pemberian antibiotik.

Faktanya obat-obatan yang diberikan sejak awal pandemi adalah obat lama yang secara teori bermanfaat pada pasien Covid-19. Hal ini dilakukan sambil menunggu pengembangan obat baru yang membutuhkan waktu.

Baca juga: Diabetes Tipe 2, 6 Jenis Rasa Sakit Tanda Gula Darah Tinggi

Berdasarkan penelitian yang ada saat ini, antibiotika sudah tidak lagi digunakan pada pasien Covid-19. Kecuali pada pasien dengan infeksi sekunder dan hal ini dinilai dokter berdasarkan pemeriksaan-pemeriksaan penunjang lainnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)