ITA 2021 Bukti Tangguhnya Industri Televisi Disaat Masa Pandemi

Rabu, 01 September 2021 - 18:43 WIB
loading...
ITA 2021 Bukti Tangguhnya Industri Televisi Disaat Masa Pandemi
ITA 2021 Bukti Tangguhnya Industri Televisi Disaat Masa Pandemi. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Indonesian Television Awards (ITA) 2021 , kembali digelar. Di tahun ke-6 penyelenggaraannya, terdapat 14 kategori penghargaan yang terdiri dari 9 kategori program televisi dan 5 kategori individu, di mana 2 kategori di antaranya adalah kategori baru yaitu Program Spesial Terpopuler dan Kategori Artis Televisi Terpopuler.

Ajang penghargaan bergengsi ini kembali ditayangkan oleh Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) serta GTV pada Senin (27/9) pukul 17.30 WIB dari Studio RCTI+ di kawasan MNC Studios, Jakarta.

“Tahun ini merupakan tahun ke-6 Indonesian Television Awards hadir di RCTI. Tentunya ITA 2021 menjadi suatu apresiasi bagi para pihak dibalik program-program yang tayang di televisi, terutama di masa pandemi dengan tantangan yang luar biasa," kata Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI.

"Karena karya dan kerja keras mereka selain menjadi hiburan utama untuk kebanyakan masyarakat juga menjadi program yang sangat diminati sehingga masuk menjadi nominasi ITA 2021," sambungnya.

Keseluruhan nomine ITA 2021 yang masuk dalam 14 kategori, merupakan hasil survei dari tim Roy Morgan Research sebagai lembaga survei independen asal Australia yang telah berada di Indonesia sejak 2004. Survei yang dilakukan Roy Morgan Research melibatkan responden di 28 kota dari 17 propinsi Indonesia.


"ITA 2021 selain cerminan dari program favorit pilihan pemirsa televisi juga merefleksikan persepsi terhadap figur – figur di layar televisi Indonesia sepanjang tahun 2020-2021," jelas Dini Putri.

"Semoga ITA 2021 dapat menjadi pemacu bagi seluruh insan pertelevisian untuk terus menghasilkan kreativitas ataupun program terbaik di dunia pertelevisian Indonesia juga untuk para insan di depan layar menjadi motivasi untuk menjadi figur yang berkesan untuk pemirsa,” lanjutnya.

Roy Morgan Research menjalani survei dengan mendatangi langsung para pemirsa televisi namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, untuk mengetahui program televisi apa yang menjadi populer di tengah masyarakat berdasarkan acara terfavorit yang secara spontan disebut oleh para pemirsa.

Untuk Program – program yang masuk sebagai nomine ITA 2021 dibatasi secara periode penayangannya, yaitu program yang tayang dari 1 Agustus 2020 sampai dengan 31 Juli 2021.

“Secara keseluruhan, survei yang kita lakukan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Di mana, kita tetap mengambil sample dengan cara mendatangi rumah-rumah pemerisa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program terfavorit atau yang paling disukai yang mereka tonton untuk berbagai kategori," ungkap Ira Soekirman selaku Direktur Utama Roy Morgan Research.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)