Mendongeng Dapat Membantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Jum'at, 03 September 2021 - 15:40 WIB
loading...
Mendongeng Dapat Membantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
Studi menunjukkan adanya korelasi mendongeng dengan pembentukkan nilai moral dan karakter. / Foto: ilustrasi
A A A
JAKARTA - Mendongeng memiliki banyak manfaat bagi buah hati , di antaranya dapat membantu anak memperkaya kosa kata, meningkatkan rasa percaya diri, dan membantu mempelajari bahan bacaan yang lebih sulit.

Baca juga: Ini Daftar Makanan yang Sangat Bagus buat Kesehatan Usus Anda

Studi menunjukkan adanya korelasi mendongeng dengan pembentukkan nilai moral dan karakter. Melalui dongeng orang tua dapat memberikan afirmasi positif nilai-nilai kehidupan, yang membantu memastikan tumbuh kembang anak yang optimal.

Psikolog Klinis, Ratih Ibrahim, M.M. menjelaskan, mendongeng adalah kegiatan stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang anak.

"Membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu anak mengenal dan mengapresiasi budaya kita. Dia akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Mendongeng jadi momen menyenangkan bersama orang tua yang akan ia kenang sampai usia dewasanya nanti," jelas Ratih dalam Konferensi Pers Virtual Dancow Nutritods, Kamis (2/9).

Pendongeng dan pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Ariyo Zidni menuturkan, dongeng rakyat Indonesia mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kerajinan, gotong royong, berbuat baik dan menolong orang lain, yang dapat membantu anak dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari.

"Kisah dongeng Pangeran Palasara misalnya, dapat mengajarkan anak tentang pentingnya berbesar hati dan berbuat baik pada sesama," ucapnya.

Kemampuan anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah umumnya muncul pada usia 18-24 bulan. Memasuki masa Toddler dan Prasekolah (3-6 tahun), kemampuan kognitif, bahasa, emosional dan perilaku sosial anak mengalami perkembangan pesat serta menjadi fondasi perkembangan kognitif.

Brand Manager Dancow Nutritods, Lydia Sahertian menambahkan, pihaknya kembali menghadirkan Dongeng Aku dan Kau dengan dongeng-dongeng asli Indonesia yang sangat disukai anak-anak seperti Kancil dan Kerbau, Pangeran Palasara dan Kluntung Waluh.

Baca juga: Mudah Percaya pada Orang Lain, Dinar Candy Sering Ditipu Teman

"Melalui 15 cerita dongeng asli Indonesia ini, kami mengajak para orang tua untuk lebih aktif lagi membacakan dongeng kepada anak untuk mempererat hubungan emosi, memberikan stimulasi," sambung Lydia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)