Gejala Diabetes Tipe 2, Tanda Serius di Kaki saat di Air Hangat

Minggu, 05 September 2021 - 04:20 WIB
loading...
Gejala Diabetes Tipe 2, Tanda Serius di Kaki saat di Air Hangat
Gejala Diabetes Tipe 2, Tanda Serius di Kaki saat di Air Hangat. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes tipe 2 bisa dilihat di kaki saat berada di air hangat. Ketika kadar gula darah tinggi menyebabkan kerusakan saraf di kaki atau neuropati perifer dapat menyebabkan mati rasa.

Dilansir dari Express, Minggu (5/9) menurut American Diabetes Association (ADA), gejala ini dapat memiliki konsekuensi ketika kaki Anda terendam air panas.

"Kaki Anda mungkin tidak bisa merasakan panas dengan baik dan mudah bagi Anda untuk membakarnya dengan air panas," kata ADA.

Adapun tanda-tanda lain dari neuropati perifer meliputi rasa sakit yang membakar atau tajam, biasanya di kaki, merasakan sakit dari sesuatu yang seharusnya tidak menyakitkan sama sekali, seperti sentuhan yang sangat ringan.

Baca Juga: Setelah Keguguran Bisa Langsung Hamil, Ini Penjelasan dr Boyke

Hilangnya keseimbangan atau koordinasi disebabkan oleh kurang mampunya membedakan posisi kaki atau tangan. Dalam kebanyakan kasus, masalah kaki yang serius dapat dicegah.

"Anda dapat melakukan ini dengan memeriksa kaki sendiri setiap hari, dan melakukan pemeriksaan kaki setidaknya setahun sekali yang diatur oleh dokter umum Anda," jelas Diabetes UK.

Setiap orang dengan diabetes harus melakukan pemeriksaan kaki tahunan, jadi pastikan Anda melakukannya bahkan jika telah dirujuk ke spesialis kaki atau klinik.

Dalam jangka panjang, sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali untuk mencegah komplikasi kaki. Ada dua komponen kunci untuk mengontrol gula darah yaitu diet sehat dan tetap aktif.

Baca Juga: Diabetes Tipe 2, Ide Sarapan Terbaik untuk Turunkan Gula Darah
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1643 seconds (11.210#12.26)