Film Terbaru Denis Villeneuve yang Premiere di Venice, Ini Kata Para Kritikus Soal Dune

Minggu, 05 September 2021 - 20:00 WIB
Film Terbaru Denis Villeneuve yang Premiere di Venice, Ini Kata Para Kritikus Soal Dune
Film Terbaru Denis Villeneuve Premiere di Venice, Ini Kata Para Kritikus Soal Dune
A A A
JAKARTA - Film yang disebut-sebut akan menjadi media fiksi ilmiah terbaik dekade ini, Dune, akhirnya telah ditayangkan secara perdana di Festival Film Venice beberapa hari yang lalu. Merupakan film pertama dari sebuah trilogi karya Denis Villeneuve, film ini berhasil mendapat banyak komentar dari para kritikus yang mengunjungi festival tersebut.

Dune merupakan satu di antara segelintir film fiksi ilmiah yang paling diantisipasi tahun ini. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Frank Herbert, Dune mengisahkan tentang Paul Atreides, seorang putra mahkota dari keluarga Atreides yang dikirim oleh ayahnya untuk memimpin koloni mereka di planet padang pasir bernama Arrakis. Namun di sana, hati Paul pun terbelah dua antara mengharumkan nama keluarganya atau membebaskan planet Arrakis dan para rakyatnya, Fremen, dari penjajahan.

Diputar perdana di Venice, beberapa kritikus menyebut film ini sebagai adaptasi yang sangat sempurna. Eric Eisenberg dari CinemaBlend, misalnya, memuji sang sutradara Denis Villeneuve atas kerjanya menerjemahkan kalimat-kalimat dari novel menjadi adegan yang sangat sempurna.

“Dune buatan Denis Villeneuve adalah adaptasi novel fiksi ilmiah paling sempurna dibandingkan semua film yang ada,” ujar Eric dilansir dari CinemaBlend, Minggu (5/9/2021).



Baca Juga: Pertama Kali, Robot Perempuan Jadi Pemeran Utama dalam Film Fiksi Ilmiah

Tak hanya Eric, Pete Hammond dari Deadline juga menganggap Dune sebagai sebuah film yang spektakuler dan jauh lebih baik dari adaptasi terdahulunya yang tayang pada tahun 1984. Menurut Pete, Dune berhasil menunjukkan betapa pahamnya Denis akan sumber asli cerita ini.

“Denis Villeneuve bisa menambahkan Dune ke dalam daftar film-filmnya yang paling sukses,” tuturnya.

Namun, bagi beberapa penonton yang tak familiar dengan dunia luas ini, film Dune bisa dirasa terlalu membingungkan. Hal tersebut yang menjadi fokus dari ulasan David Rooney dari The Hollywood Reporter,

“Masalah terbesar dari Dune adalah film ini mengadaptasi separuh saja dari bukunya, sedangkan separuh sisanya masih diproduksi. Bagi yang tak familiar dengan Dune, film ini seperti sebuah adegan pembuka yang sangat panjang dan membosankan sebelum ceritanya sampai ke bagian menarik.”

Meskipun mendapat ulasan yang beragam, tak bisa disanggah bahwa film yang dibintangi Timothee Chalamet dan Zendaya ini merupakan salahsatu film fiksi ilmiah paling bergengsi yang akan tayang di tahun ini. Juga dibintangi Josh Brolin, Jason Momoa, Dave Bautista, Oscar Isaac, dan masih banyak lagi, Dune akan tayang secara internasional pada 22 Oktober mendatang di bioskop dan HBO Max.
(hri)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2000 seconds (11.210#12.26)