Bolehkah Penyintas Covid-19 Anak yang Belum Divaksin Sekolah Tatap Muka?

Senin, 06 September 2021 - 19:39 WIB
loading...
Bolehkah Penyintas Covid-19 Anak yang Belum Divaksin Sekolah Tatap Muka?
Sekolah tatap muka sudah mulai dilakukan di beberapa wilayah dengan level PPKM di bawah 4. Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekolah tatap muka sudah mulai dilakukan di beberapa wilayah dengan level PPKM di bawah 4. Bahkan beberapa informasi mengungkapkan bahwa sekolah tatap muka ini akan dilakukan serentak jika tidak ada lagi wilayah di Indonesia dengan status PPKM Level 4.

Namun, masih banyak pertanyaan yang muncul dari kebijakan sekolah tatap muka ini, salah satunya apakah boleh anak yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 tapi belum sempat divaksin untuk bersekolah tatap muka?



Diterangkan Dokter Spesialis Anak dan Magister Sains Psikologi Perkembangan Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si, tidak menjadi persoalan untuk anak-anak yang menjadi penyintas Covid-19 untuk sekolah tatap muka sekali pun dia belum divaksin.

"Kalau anak itu PCR-nya sudah negatif, berarti sudah tidak ada virus di dalam tubuhnya. Jadi, dia tidak akan menularkan ke anak lain," terang Prof. Soedjatmiko dalam webinar belum lama ini.

Ia menerangkan, lagi pula untuk sementara waktu, kekebalan si anak yang belum lama ini sembuh dari Covid-19 masih tinggi sampai 2-3 bulan. "Malah, justru dia itu aman meski belum vaksin untuk sekolah tatap muka bertemu teman-temannya," tandas Prof. Soedjatmiko.

"Jadi boleh ya, anak yang sudah penyintas Covid-19 untuk sekolah tatap muka, asal si anak benar-benar sudah segar-bugar, sudah bisa main seperti biasa. Dia tidak bisa menularkan (virus) ke orang lagi," lanjutnya.

"Dan sementara waktu dia akan kebal hingga 2 sampai 3 bulan saja. Tapi, setelah itu kekebalannya akan habis," tambah Prof. Soedjatmiko.



Prof. Soedjatmiko menambahkan, anak yang berhasil sembuh dari Covid-19 tapi belum melengkapi imunisasi dasarnya, maka segerakan mendapatkan imunisasi dasar tersebut.

"Jadi, kalau sudah sembuh tapi si anak misalnya belum dapat vaksin hepatitis, campak, polio, atau tifoid, atau jenis imunisasi dasar lain, segerakan. Jangan tunggu waktu lagi. Tapi perlu diingat, sehabis imunisasi dasar, kalau mau vaksin Covid-19, tunggu 1 bulan dulu ya, dan pastikan menerima vaksin Covid-19 3 bulan paska si anak sembuh dari Covid-19," tutur Prof. Soedjatmiko.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7266 seconds (0.1#10.140)