Manfaat Daun Binahong, Atasi Kelelahan hingga Obati Penyakit Degeneratif

Rabu, 08 September 2021 - 16:16 WIB
loading...
Manfaat Daun Binahong, Atasi Kelelahan hingga Obati Penyakit Degeneratif
Manfaat daun binahong sangat beragam. Dari atasi nyeri sendi akibat kelelahan hingga mengobati penyakit degeneratif. Foto/Alodokter
A A A
JAKARTA - Manfaat daun binahong sangat beragam. Dari nyeri sendi akibat kelelahan hingga penyakit degeneratif seperti jantung dan diabetes dapat diobati dengan ekstrak bahan herbal satu ini.

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan pengobatan herbal , yaitu teknik berobat yang memanfaatkan bahan-bahan alami seperti tumbuhan dan tanaman berkhasiat. Salah satu daun yang banyak dipakai untuk terapi tersebut adalah daun binahong.



Daun binahong dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Tidak hanya mencegah dan mengatasi penyakit, namun juga untuk sejumlah terapi kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat tanaman yang memiliki nama lain heartleaf madeira vine atau daun berbentuk hati ini? Langsung saja simak ulasannya, yang dirangkum dari laman Alodokter, Rabu (8/9/2021).

1. Percepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun binahong dalam mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar, berasal dari kandungan flavonoid, saponin dan taninnya.

Saponin dapat berperan sebagai antiseptik, sehingga dapat mencegah infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini juga dapat mempercepat pembentukan kolagen.

Flavonoid dalam daun binahong juga terbukti efektif mengurangi peradangan pada luka. Sementara itu, tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit luka, menghentikan produksi nanah, dan menghentikan pendarahan ringan, sehingga luka jadi lebih cepat menutup.

2. Mencegah diabetes
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3408 seconds (0.1#10.140)