Wisata Situ Gunung Sukabumi, Legenda Kerajaan Mataram hingga Ragam Destinasi Menarik

Jum'at, 10 September 2021 - 17:51 WIB
loading...
Wisata Situ Gunung Sukabumi, Legenda Kerajaan Mataram hingga Ragam Destinasi Menarik
Wisata Situ Gunung Sukabumi, Legenda Kerajaan Mataram hingga Ragam Destinasi Menarik. Foto/IG Explore Sukabumi
A A A
SUKABUMI - Setelah pandemi COVID-19 mereda, tak jarang masyarakat rindu berlibur ke berbagai destinasi wisata . Khususnya, tempat wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sebagai daerah yang memiliki banyak tempat wisata menarik.

Salah satunya adalah Situ Gunung. Lokasinya berada di 850 meter di atas permukaan laut (MDPL), berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango , Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dilansir dari berbagai sumber, Situ atau dalam bahasa Indonesia adalah danau yang bukan terbentuk secara alami, melainkan dibuat pada zaman dahulu. Konon danau ini diciptakan oleh Rangga Jagad Syhadana, seorang bangsawan dari Kerajaan Mataram.

Dinamakan Situ Gunung, karena letaknya persis di bawah lereng Gunung Gede.



Terlepas dari sejarahnya, Situ Gunung merupakan bagian kawasan konservasi alam. Di sini Anda akan melihat indahnya danau yang luas, bewarna hijau karena pantulan dari bayangan pepohonan di sekelilingnya.

Udaranya masih sangat sejuk, dingin dan bersih. Anda juga bisa menggunakan getek atau perahu kecil untuk menelusuri Situ Gunung ini.

Tak hanya memesona, area Situ Gunung ini juga Instagramable, Anda bisa mencari berbagai spot menarik untuk berswafoto dengan latar belakang alam.

Tak jauh dari danau, Anda juga bisa menjelajahi destinasi lainnya ada air terjun yaitu Curug Sawer dan Curug Cimanaracun.

Kemudian yang viral adalah Situ Gunung Suspension Brigde, yakni jembatan gantung yang menyeberang antara dua bukit dan melewati jurang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2346 seconds (0.1#10.140)