Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter, Ini Daftarnya!

loading...
Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter, Ini Daftarnya!
Obat diabetes sangat beragam. Umumnya, obat diabetes digunakan sesuai dengan jenis diabetes yang Anda miliki yakni diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2. Foto/Ist.
JAKARTA - Obat diabetes sangat beragam. Umumnya, obat diabetes digunakan sesuai dengan jenis diabetes yang Anda miliki. Pada dasarnya, ada dua jenis diabetes yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 .

Orang dengan kedua jenis diabetes membutuhkan obat untuk membantu menjaga kadar gula darah mereka tetap normal. Namun, dianjurkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Disisi lain, obat diabetes memiliki cara kerja dan efek samping yang berbeda. Berikut obat diabetes yang biasa diresepkan dokter dilansir dari Healthline, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga: Diabetes Tipe 2, Gejala Awal yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

Insulin



Insulin adalah jenis obat yang paling umum digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 1. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat membuat insulin sendiri. Tujuan pengobatan adalah untuk menggantikan insulin yang tidak dapat dibuat oleh tubuh.

Insulin juga digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 2. Ini diberikan melalui suntikan dan tersedia dalam berbagai jenis. Jenis insulin yang Anda butuhkan tergantung pada seberapa parah penipisan insulin Anda.

Sulfonilurea

Ini adalah salah satu obat diabetes tertua yang masih digunakan sampai sekarang. Sulfonilurea bekerja dengan merangsang pankreas dengan bantuan sel beta. Obat ini menyebabkan tubuh membuat lebih banyak insulin.

Inhibitor alfa-glukosidase
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top