Kembangkan Wisata Berbasis Misteri dan Cerita Legenda, Sandiaga Uno Sebut Histourism Jadi Potensi Menarik

Senin, 20 September 2021 - 17:54 WIB
loading...
Kembangkan Wisata Berbasis Misteri dan Cerita Legenda, Sandiaga Uno Sebut Histourism Jadi Potensi Menarik
Kembangkan Wisata Berbasis Misteri dan Cerita Legenda, Sandiaga Uno Sebut Histourism Jadi Potensi Menarik. Foto/
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno , berbincang dengan Sarah Wijayanto terkait dengan pariwisata yang berkaitan dengan misteri , serta sejarah.

Sandiaga mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan histourism atau pariwisata berbasis cerita-cerita legenda seperti itu. Hal ini karena Indonesia memiliki berbagai cerita mistis, dan berkaitan dengan sejarah.

Kemudian untuk mengambangkan dan menjadikan histourism ini jadi salah satu pariwisata andalan, Sandiaga akan melakukannya sesuai dengan riset serta data yang selama ini dipelajarinya.

"Karena kan yang kita ingin lakukan adalah pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan, berbasis storynomics nature and culture (alam dan budaya) kalau kita lihat berdasarkan data," katanya dikutip dari akun Instagram miliknya, @sandiuno.

Baca Juga: Tampil Kece, Erick dan Sandiaga Uno Hadiri Acara Apresiasi Kreasi Indonesia di Banyuwangi

Lebih lanjut, bahwa genre film yang paling populer di belahan dunia salah satunya yang paling terpopuler adalah genre horor. Untuk itulah dengan memberdayakan daerah-daerah di Indonesia, terlebih yang lekat dengan cerita horor, akan membuat pariwisata di Indonesia berkualitas, serta berkelanjutan.

Sandiaga menjelaskan, berdasarkan data-data ini pihaknya akan mengelola satu histourism, atau disebut juga dark tourism dan sudah dilakukan penelitian, dan ini merupakan salah satu potensi yang sangat menarik untuk dikembangkan.

"Karena memang pariwisata dalam konteks misteri ini memiliki story telling yang sangat kuat, dan menjadi daya tarik dari pariwisata ke depan," tuturnya.

Sementara itu, Sarah Wijayanto mengatakan ia ingin mengajak Menparekraf untuk pergi ke salah satu tempat wisata yang lekat dengan sejarahnya. Selain itu sering beredar cerita mistis yang berasal dari tempat tersebut.

Baca Juga: Berkunjung ke Desa Wisata, Emak-emak Gemes Minta Sandiaga Uno Nyapres Lagi

"Kalau menurut Aku, mungkin nanti mas menteri bisa jalan-jalan suatu hari nanti. Gak usah jauh-jauh deh, kita ke Kota Tua kalau memang diizinkan," katanya.

Namun di sini Sarah bukan untuk penelusuran atau mencari makhluk-makhluk astral, namun menceritakan sejarah dan apa yang terjadi dulu di tempat yang akan dituju.

"Bukan penelusuran lihat ini, gak gitu. Tapi lebih membahas tentang apa yang pernah ada di situ, kisahnya gitu kan, itu bukan cerita menakutkan," pungkasnya.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1894 seconds (11.97#12.26)