Merek Gitar Alip Ba Ta Ternyata Tidak Hanya Satu, Apa Saja ya?

Rabu, 22 September 2021 - 06:33 WIB
loading...
Merek Gitar Alip Ba Ta Ternyata Tidak Hanya Satu, Apa Saja ya?
Alip Ba Ta sukses mengundang decak kagum sederet musisi dunia dengan permainan gitar fingerstyle-nya, meski menggunakan peralatan sederhana dan ala kadarnya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Merek gitar Alip Ba Ta ternyata bukan hanya satu. Ya, pada awal kehadirannya di YouTube, pemain gitar fingerstyle asal Ponorogo itu menggunakan gitar klasik Yamaha CPX 600.

Akan tetapi, dalam beberapa waktu belakangan, gitaris kelahiran 31 Agustus 1988 itu lebih sering menggunakan gitar akustik Yamaha C 40 dan Cort NDX50.

Gitar jenis akustik Cort NDX 50 dilihat sekilas memang memiliki tampilan desain mewah, sound dan playability. Gitar ini pun cocok buat orang gitaris fingerstyle seperti Alip Ba Ta.

Seorang YouTuber bernama Inggrid Joe dari kanal Joebilly Guitar mencoba me-review gitar Cort NDX series yang sering digunakan oleh Alip Ba Ta. Menurut dia, secara overall gitar ini cocok dipakai Alip Ba Ta untuk mengakses senar-senar tinggi.

Baca juga: Mengenal Fakta Kanker Paru yang Diderita Pebulutangkis Legendaris Verawaty Fajrin

"Dengan desainnya, seorang gitaris bisa mengakses fret 17 saja, kita masih gampang banget. Dan cukup tak lazim bagi sebuah gitar akustik bisa mengakses fret 17 dengan semudah itu. Jadinya ketika gitar ini dipakai oleh gitaris bergaya fingerstyle emang enak banget sih mengeksplorasi nada gitar," ungkap Inggrid Joe di Channel YouTube Joebilly Guitar yang dikutip Selasa (21/9/2021).

Lalu pada tuning gitarnya menggunakan fishman seri cukup tinggi untuk jenisnya, jadi kalau untuk ukuran gitar akustik itu mumpuni banget. Seri NDX 50 yang dipakai Alip Ba Ta di bagian solid deck-nya berbeda dengan seri lain dan harga sekitar Rp6 jutaan, sedangkan Cort NDX 20 bekisar Rp4 jutaan.

"Itulah kenapa Alip Ba Ta pakai gitar ini untuk main sebagai gitaris fingerstyle. Dia diberikan akses mudah dengan gitar tipe ini, meski bodi gitarnya cukup besar. Jadi gitarnya cocok untuk orang yang peduli sama suara karena bagus dan enggak peduli dengan besarnya gitar," papar Inggrid.

Baca juga: Hore! Vaksin Pfizer Diklaim Aman dan Efektif untuk Anak 5-11 Tahun

Seperti disebutkan sebelumnya, selain Cort NDX 50, Alip Ba Ta juga terlihat menggunakan gitar Yamaha CPX 600 dan Yamaha Seri C 40. Gitar klasik Yamaha CPX 600 memiliki 4 jenis warna yakni old violin sunburst, root beer, black, vintage tint yang dibanderol dengan harga Rp2,6 jutaan di toko online.

Sebagai informasi, Alip Ba Ta sukses mengundang decak kagum sederet musisi dunia dengan permainan gitar fingerstyle-nya, meski menggunakan peralatan sederhana dan ala kadarnya.

Bahkan musisi sekelas Brian May, gitaris band legendaris Queen, sampai dibuat kepincut. May pernah mengunggah video Alip Ba Ta lewat akun Facebook pribadinya. Dia terkesan dengan permainan gitar Alip Ba Ta saat meng-cover Bohemian Rhapsody, salah satu lagu ikonik Queen.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0774 seconds (0.1#10.140)