Tukul Arwana Sisi Tubuhnya Lemah, Harus Terapi 3 Bulan

Selasa, 28 September 2021 - 11:35 WIB
loading...
Tukul Arwana Sisi Tubuhnya Lemah, Harus Terapi 3 Bulan
Tukul Arwana Sisi Tubuhnya Lemah, Harus Terapi 3 Bulan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tukul Arwana kini tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), Cawang, Jakarta Timur karena mengalami pendarahan otak. Akibat kondisinya, pria 57 tahun itu mengalami kelemahan di sebelah sisi tubuhnya.

"Untuk kondisi sudah disampaikan bahwa gangguan yang muncul yaitu kelemahan satu sisi badannya," kata Dokter Sardiana Salam dalam konferensi pers virtual.

Menurut Sardiana, Tukul akan menghadapi proses yang tak sebentar untuk pemulihan. Sang presenter disebut bakal menjalani beberapa tahapan untuk melatih kekuatan saraf tubuhnya.

"Kita ada tim neuro restorasi yang kedepannya akan memberikan pelatihan dari sisi fisioterapi, terapi saraf, sampe dalam 3 bulan itu akan kita berikan pelatihan," kata Sardiana.



Untuk saat ini, Tukul masih berada di fase akut setelah melakukan operasi pada 22 September lalu. Menurut Sardiana, pemulihan fase akut sendiri kurang lebih membutuhkan pemulihan sekitar 3 minggu.

Sementara menurut Dokter Arief Rahman, untuk kasus pecahnya pembuluh darah, dibutuhkan waktu hingga 12 minggu untuk pemulihan. Tetapi kemungkinan itu tergantung dari kondisi setiap pasien.

"Untuk penyerapan sempurna dari pecah pembuluh darah seperti itu dibutuhkan waktu sekitar 8 sampai 12 minggu, secara literatur. Tapi dalam fase itu tergantung masing-masing respons pasien," terangnya.



Kini, komedian yang terkenal lewat jargon 'kembali ke laptop' ini disebut berangsur membaik dan mulai bisa merespons. Sang Manajer, Kimon sangat berharap bantuan tim medis serta doa masyarakat agar Tukul bisa cepat sembuh.

"Saya mohon bantuan dan doanya dari rekan-rekan agar beliau segera sembuh kembali beraktivitas dan menghibur keluarga Indonesia," ujar Kimon.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)