Jaga Kesehatan Jantung, Lakukan 4 Kebiasaan Baik Ini!

Minggu, 03 Oktober 2021 - 11:21 WIB
loading...
Jaga Kesehatan Jantung, Lakukan 4 Kebiasaan Baik Ini!
Menjaga kesehatan jantung sama seperti memperpanjang umur atau paling tidak menghindari penyakit kardiovaskular. Foto Ilustrasi/Daily News Egypt
A A A
JAKARTA - Menjaga kesehatan jantung sama seperti memperpanjang umur atau paling tidak menghindari penyakit kardiovaskular . Empat kebiasaan baik ini patut dilakukan.

Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi manusia. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung setiap hari.



Sebab, menjaga kesehatan jantung sama saja seperti kita memperpanjang umur, atau paling tidak menghindari penyakit kardiovaskular di masa yang akan datang.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya mempertahankan kebiasaan-kebiasaan baik secara konsisten. Apa saja?

Berikut empat kebiasaan baik yang dapat menjaga kesehatan jantung, seperti dirangkum dari Cleveland Clinic, Minggu (3/10/2021).

1. Kurangi Konsumsi Lemak Trans

Mengonsumsi makanan-makanan sehat tentu dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, termasuk jantung. Khusus untuk jantung, hindarilah mengonsumsi lemak trans yang diketahui dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke. Sebab, lemak trans dapat menyumbat arteri Anda dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi merupakan indikasi yang baik dari kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung. Sebab, bila Anda memiliki penyakit periodontal (gusi) sering kali memiliki faktor risiko penyakit jantung juga. Studi telah menghubungkan korelasi di antara keduanya.

Beberapa menunjukkan bahwa bakteri di mulut yang terlibat dalam perkembangan penyakit gusi dapat pindah ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, yang memicu peradangan di pembuluh darah. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Tidur Cukup

Jangan menyepelekan tidur. Sebab, tidur yang cukup setiap hari dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung Anda. Mengapa?

Sudah ada satu studi yang mengamati 3.000 orang dewasa di atas usia 45 tahun. Studi menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam memiliki kemungkinan dua kali lebih besar terkena stroke atau serangan jantung dibandingkan orang yang tidur enam hingga delapan jam per malam.

Disinyalir, kebiasaan kurang tidur dapat menyebabkan gangguan pada kondisi kesehatan dan proses biologis yang mendasarinya, termasuk tekanan darah dan peradangan. Jadi, biasakanlah tidur selama 7-8 jam per malam. Jauhkan ponsel atau gadget Anda sebelum tidur demi mendapatkan tidur yang berkualitas.



4. Hindari Duduk Terlalu Lama

Di samping rutin berolahraga, hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan jantung adalah menghindari duduk di satu tempat terlalu lama. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian menunjukkan duduk untuk waktu yang lama tidak baik bagi kesehatan Anda, meskipun Anda sering berolahraga.

Tak hanya itu, hasil gabungan dari beberapa studi observasional yang melibatkan hampir 800.000 orang menemukan bahwa pada mereka yang paling banyak duduk, ada peningkatan 147% mengalami penyakit kardiovaskular dan peningkatan 90% kematian. Selain itu, duduk dalam waktu lama juga dapat meningkatkan risiko deep vein thrombosis atau bekuan darah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)