DIY Sampo Kering untuk Musim Panas

Selasa, 02 Juni 2020 - 17:00 WIB
loading...
DIY Sampo Kering untuk Musim Panas
Untuk mengatasi masalah rambut selama musim panas, ada resep membuat sampo kering do-it-yourself (DIY) bagi Anda agar tak perlu mencuci rambut setiap hari. Foto Ilustrasi/Womans Day
A A A
JAKARTA - Selama musim panas, rambut akan cenderung lebih cepat lepek dan berminyak. Ini disebabkan karena akumulasi kelembaban dan debu sehingga rambut menjadi lebih berminyak.

Jika Anda berpikir sampo kering adalah penemuan baru-baru ini, Anda salah. Jenis sampo yang tak perlu dibilas air tersebut sudah ada sejak lama. Wanita Asia pada abad ke-15 bahkan sudah menggunakan bubuk tanah liat merah pada rambut mereka untuk menyerap kelembaban dan membersihkan kulit kepala. Hal itu bertujuan untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala menggunakan semacam bubuk.

Nah, untuk mengatasi masalah rambut selama musim panas, ada tiga resep membuat sampo kering secara do-it-yourself (DIY) bagi Anda agar tak perlu mencuci rambut setiap hari. Berikut ulasannya, seperti dilansir laman Pink Villa.

Resep 1

DIY Sampo Kering untuk Musim Panas


Bahan:
1 cangkir bubur gandum
1 cangkir baking soda

Cara membuat, campur kedua bubuk dalam mangkuk sampai tercampur rata dan pindahkan ke wadah.

Soda kue berfungsi sebagai bubuk penyerap minyak yang sangat baik. Bahan ini membuat rambut Anda terasa lebih segar dengan menyerap kelebihan sebum, serta membantu menghilangkan bau. Jika takut bahan tersebut akan terlalu keras untuk rambut, itulah gunanya bubuk oatmeal (bubur gandum). Oatmeal mengandung antioksidan dan sifat antibakteri sehingga akan merawat kulit kepala. Anda bisa mengganti bubuk oatmeal dengan tepung jagung.

Resep 2

DIY Sampo Kering untuk Musim Panas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)