Soimah Bangun Pendopo untuk Para Seniman dari Hasil Keringat Sendiri

Minggu, 10 Oktober 2021 - 08:07 WIB
loading...
Soimah Bangun Pendopo untuk Para Seniman dari Hasil Keringat Sendiri
Soimah Bangun Pendopo untuk Para Seniman dari Hasil Keringat Sendiri. Foto/YouTube Deddy Corbuzier
A A A
JAKARTA - Soimah Pancawati atau yang akrab disapa Soimah, mengaku prihatin dengan kehidupan para seniman. Lantaran itu, ia rela membangun pendopo dari hasil keringatnya sendiri sebagai ruang berkarya pelaku seni.

Hal tersebut Soimah sampaikan saat menjadi bintang tamu ditayangan YouTube Deddy Corbuzier, sinden asal Pati, Jawa Tengah itu ternyata kerap mendengar keluh kesah para seniman .

Bahkan dalam kesempatan itu, Soimah juga menyampaikan kondisi kehidupan para pelaku seni daerah yang kurang mendapat perhatian pemerintah, khususnya saat di masa pandemi.

"Jadi begini, saya mendengar keluhan-keluhan dari teman-teman seniman. Jadi banyak kekurangan ruang untuk latihan dan segala macem. Dan latihan harus bayar, sedangkan bayarannya nggak seberapa, tapi dia perlu latihan aja tempatnya itu harus bayar," kata Soimah, Minggu (10/10/2021).



Lebih lanjut, Soimah menjelaskan, banyak seniman yang pendapatannya minim, sehingga mereka tak mampu untuk membayar tempat mereka berlatih sebelum naik panggung.

Tak jarang, pendapatan tersebut dibagi untuk beberapa orang. Belum lagi perihal perut. Soimah menilai hasil untuk menyewa tempat berlatih kerap mengurangi pendapatan para seniman.

"Pasti ada konsumsi, walaupun itu gorengan teh hangat. Tapi kalau dihitung beberapa kali kan akan mengurangi (pendapatan)," imbuhnya.

Sinden kelahiran 29 September 1980 itu juga mengaku tersentuh. Usut punya usut tindakan Soimah ini telah menjadi impiannya sejak dulu. Mengingat ibu dua anak itu juga dikenal sebagai penyanyi yang kental dengan kesenian Jawa.

"Makanya kesentuh lah, sebenarnya pengen juga punya cita-cita ngasih ruang buat teman-teman seniman. Ibaratnya silahkan kalau mau buat latihan," tutur Soimah.

Mendengar cerita Soimah, Deddy Corbuzier lantas mengaku sedih. Mantan suami Kalina Ocktaranny itu seraya turut merasakan sulitnya hidup para seniman.

"Mae maaf, gue sedih lho ini barusan," ujar Deddy Corbuzier.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)