Kulit Melepuh Tanpa Sebab, Ini 6 Faktor Pemicunya

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:02 WIB
loading...
Kulit Melepuh Tanpa Sebab, Ini 6 Faktor Pemicunya
Kulih melepuh tanda sebab kerap dialami oleh beberapa orang. Foto Ilustrasi/Eatthis.com
A A A
JAKARTA - Kulit melepuh tanda sebab kerap dialami oleh beberapa orang. Kulit melepuh adalah kondisi luka yang menimbulkan terbentuknya gelembung berbentuk lingkaran yang berisi cairan. Cairan pada kulit yang melepuh ini bisa berupa plasma, darah, ataupun nanah, tergantung pada letak kemunculannya.

Meski muncul tanpa sebab, ternyata ada hal yang menjadi pemicu kulit melepuh. Berikut beberapa penyebab kulit melepuh, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Angka Kebutaan Diprediksi Meningkat selama Pandemi Covid-19, Ini Penyebabnya

1. Terjadi Gesekan pada Kulit

Gesekan pada kulit menjadi penyebab kulit tiba-tiba melepuh yang paling sering dialami banyak orang. Biasanya, kulit melepuh yang disebabkan oleh gesekan muncul di area tangan atau kaki.

Kulit melepuh pada area tangan mungkin terjadi akibat gesekan terus-menerus saat bermain drum atau alat musik lain. Sedangkan pada kaki, kulit melepuh bisa terjadi karena gesekan antara kaki dan alas kaki saat berjalan atau berlari.

2. Cuaca Ekstrem

Penyebab lain yang membuat kulit melepuh tanpa sebab adalah paparan suhu ekstrem. Misalnya, suhu yang terlalu panas ketika kulit mengalami luka bakar akibat tersiram atau menyentuh air panas hingga paparan sinar matahari.

Pada kasus tertentu, kulit melepuh tanpa sebab bisa muncul sebagai bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat perubahan suhu yang ekstrem.

3. Gigitan Serangga
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1731 seconds (11.252#12.26)