4 Manfaat Kesehatan Konsumsi Jinten Hitam secara Rutin

loading...
4 Manfaat Kesehatan Konsumsi Jinten Hitam secara Rutin
Jintan hitam belakangan kerap diracik menjadi obat herbal yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Foto Ilustrasi/Pinterest
JAKARTA - Jinten hitam yang sering digunakan sebagai bahan masakan, belakangan juga diracik menjadi obat herbal yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jinten hitam atau lebih dikenal dengan habbatussauda memiliki kandungan baik berupa protein, karbohidrat, lemak, serat, kalori, zat besi, zinc, kalsium, niasin, tiamin, dan asam sulfat. Bukan hanya itu, jintan hitam juga memiliki senyawa aktif yang disebut thymoquinone.

Baca Juga: Booster Vaksin Sinovac Dapat Lindungi Lebih Baik dari Infeksi Covid-19

Fungsi senyawa tersebut adalah memberikan imunitas tubuh yang kuat, sebagai antiperadangan, antioksidan, analgesik, serta mampu menjaga bahaya pada kerusakan sel dan penyakit kronis. Berikut khasiat mengonsumsi jinten hitam secara rutin, seperti dilansir dari Halodoc, Rabu (13/10/2021).



1. Obat Hipertensi

Hipertensi sudah menjadi penyakit umum yang banyak terjadi di masyarakat. Risiko yang disebabkan oleh penyakit ini sangat berbahaya seperti stroke, jantung, hingga kematian.

Untuk menghindari tingkat risiko yang disebabkan oleh hipertensi, Anda dapat mengonsumsi jinten hitam. Berdasarkan studi di Phytotherapy Research, manfaat yang diberikan oleh jinten hitam adalah mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

2. Mengatasi Alergi dan Asma

Alergi dan asma merupakan penyakit yang disebabkan ketika kekebalan tubuh melawan zat yang akan masuk ke dalam tubuh. Biasanya, penyakit ini muncul akibat adanya debu dan serbuk-serbuk lain.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top