Obat Cacingan Kucing yang Wajib Diketahui, Ini Rekomendasinya!

Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:15 WIB
loading...
Obat Cacingan Kucing yang Wajib Diketahui, Ini Rekomendasinya!
Obat cacingan kucing wajib diketahu oleh para pecinta kucing. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Obat cacingan kucing harus diketahui oleh para pecinta kucing. Pasalnya, cacingan adalah salah satu penyakit yang seringkali menyerang kucing.Ya, cacingan takhanya menyerang manusia, kucing maupun binatang mamalia lain juga dapat terserang penyakit ini. Tentu saja cacing pada kucing akan memengaruhi kesehatan kucing kesayangan Anda.

Seperti dikutip di laman pertanianku.com, cacing pita adalah jenis yang sering ditemukan pada cacing.Cacing pita sekilas menyerupai bentuk fisik seperti butir nasi dan bisa terlihat dengan mata.Meskipun dokter hewan dapat mengidentifikasi segmen cacing secara kasat mata, tetap perlu melakukan pemeriksaan tinja untuk mengonfirmasi.



Untuk mencegah serangan ini, bisa dilakukan dengan berbagai cara.Cobalah untuk menghentikan kucing dari berburu dan memakan hewan kecil yang menjadi penyebab cacingan. Selain itu cara jitu lainnya adalah denganmemberikan obat cacing. Nah berikut ini rekomendasi obat untuk mengatasi cacingan pada kucing:

1. Combantrin(pfizer): mengandung bahanpyrantel, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat dibeli di apotik.

2.Vermox: mengandung bahanmebendazole, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat dibeli di apotik.

3.Drontal Cat(bayer): mengandung bahanpyranteldanprazyquantel, paling baik digunakan pada kucing, dapat membasmi cacing pita dan cacing gelang, bisa dibeli dipetshopatau dokter hewan.

4.Drontal Plus(bayer): mengandung bahanprazyquantel,pyrantel, danfebantel. Biasa digunakan pada anjing, bisa juga diberikan pada kucing (dosis disesuaikan).



Setelah pengobatan cacingan, bersihkan kotak kotoran, karpet dan tempat tidur kucing untuk mencegah terulangnya infeksi. Kotoran kucing harus dibuang secepatnya.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)